Partai Buruh Gelar Aksi Longmarch Jalan Kaki dari Bandung ke Jakarta

Partai Buruh bawa sejumlah tuntutan

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh menginisiasi aksi longmarch jalan kaki dari Bandung menuju DKI Jakarta. Ratusan buruh akan melakukan longmarch jalan kaki selama delapan hari. 

Aksi tersebut dimulai pada Rabu (2/8/2023) dari Gedung Sate menuju Istana Merdeka dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 9 Agustus 2023. 

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, memastikan, nantinya di setiap kota industri akan disambut ratusan bahkan ribuan buruh untuk memberikan dukungan. 

Longmarch juga akan menyebarkan petisi untuk ditandatangani masyarakat, buruh, petani, dan kelompok kelas pekerja lainnya. 

“Dalam longmarch ini, buruh membawa 4 tuntutan,” ujar Said Iqbal dalam konferensi pers melepas rombongan di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Baca Juga: Sejumlah Bacaleg Perempuan Partai Buruh Mundur, Terkendala Izin Suami

1. Partai Buruh sampaikan sejumlah tuntutan

Partai Buruh Gelar Aksi Longmarch Jalan Kaki dari Bandung ke Jakarta(dok. Partai Buruh)

Said Iqbal menuturkan, aksi tersebut sebagai bentuk menyampaikan aspirasi terhadap berbagai isu.

Pertama, cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja Nomor Tahun 2023. Kedua, naikkan upah minimum 2024 sebesar 15 persen di seluruh Indonesia. Ketiga, cabut UU Kesehatan. Keempat, cabut presidential threshold 20 persen menjadi nol persen.

"Selain itu, buruh juga menuntut diwujudkannya JS3H atau jaminan sosial semesta sepanjang hayat untuk seluruh rakyat Indonesia," tutur dia.

Baca Juga: Partai Buruh Keluhkan Mahalnya Dokumen Persyaratan Daftar Bacaleg 

2. Partai Buruh sampaikan petisi ke DPR dan Presiden

Partai Buruh Gelar Aksi Longmarch Jalan Kaki dari Bandung ke Jakarta(dok. Partai Buruh)

Selain itu, Partai Buruh juga menghimpun petisi yang akan diedarkan, yakni berupa sejuta tanda tangan.

Namun, kata Said Iqbal, selama perjalanan petisi yang dibawa hanya sample saja. Karena di setiap pabrik, sawah, kampung nelayan, dan konstituen Partai Buruh juga diedarkan petisi.

“Di Jakarta nanti, petisi akan disampaikan kepada Presiden dan pimpinan DPR,” ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Golkar Itu Partai Tengah dan Partai Tanpa Mahar

3. Aksi longmarch susulan

Partai Buruh Gelar Aksi Longmarch Jalan Kaki dari Bandung ke JakartaPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh, Said Iqbal (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut dia, longmarch Bandung menuju Jakarta ini sebagai aksi awal. Selanjutnya, akan ada longmarch dari ujung Jawa Timur menuju kota-kota besar sepanjang Jawa. Ada juga dari ujung Pulau Sumatra yang longmarch menggunakan motor sampai Jakarta.

“Melalui kesempatan ini, Partai Buruh mengajak seluruh kelas pekerja untuk melakukan perlawanan terhadap omnibus law UU Cipta Kerja, UU Kesehatan, dan upah harus naik 15 persen,” tutur Said Iqbal.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: JK Optimistis Anies Baswedan Menang Pemilu 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya