Ridwan Kamil: Golkar Itu Partai Tengah dan Partai Tanpa Mahar

Transaksi politik berisiko menghambat pemimpin bekerja

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil menegaskan, tak ada mahar politik di partai berlambang beringin itu. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengamini pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Pesan tersirat dari Ketua Umum Airlangga Hartarto yang menguatkan lagi bahwa Golkar itu partai tengah dan juga partai tanpa mahar," kata Emil usai mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, melansir Antara, Minggu (4/6/2023).

Ridwan mengatakan, transaksi politik berisiko menghambat seorang pemimpin bekerja dengan baik dan benar.

"Kalau proses politik harus selalu dimulai dari beli-membeli, saya kira perjalanan kepempimpinan siapa pun itu nanti, pasti tersandera oleh niat awal yang kurang baik," tegas Kang Emil.

Menurut Kang Emil, seorang pemimpin tidak boleh membeli rasa cinta dan dukungan rakyat.

"Karena menjadi pemimpin itu jangan dimulai dari niat membeli kecintaan rakyat, membeli kepercayaan rakyat," kata Kang Emil.

Baca Juga: Hasil Rakernas Golkar, Airlangga Dimandatkan Tentukan Capres-Cawapres

1. Jadi salah satu alasan bergabung dengan Golkar

Ridwan Kamil: Golkar Itu Partai Tengah dan Partai Tanpa MaharWakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ridwan Kamil (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ridwan Kamil menambahkan, tak adanya mahar politik di partai berlambang beringin itu menjadi salah satu alasannya bergabung. Bagi Ridwan Kamil, praktik mahar politik berisiko memberikan beban kepada pemimpin di kemudian hari.

Ridwan menegaskan, Partai Golkar tegas menolak mahar politik. Oleh karena itu, Ridwan Kamil berharap pemimpin yang bekerja demi kepentingan rakyat akan lahir dari proses politik tanpa mahar itu.

"Mari berdoa demokrasi ini menghasil seleksi calon legislatif, pemimpin daerah, sampai presiden yang berintegritas dan jadi harapan masa depan Indonesia," kata Ridwan.

Baca Juga: Rakernas Golkar Dimulai, Pekik Airlangga Presiden Menggema

2. Komitmen Golkar menolak mahar politik

Ridwan Kamil: Golkar Itu Partai Tengah dan Partai Tanpa MaharKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan hasil Rakernas Golkar 2023 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, partai yang dipimpinnya berkomitmen menolak praktik mahar politik. Partai Golkar, kata Airlangga, terbuka bagi siapa saja.

"Saya buktikan ini, seorang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa bergabung dengan Partai Golkar tidak pakai mahar politik," kata Airlangga.

Baca Juga: Airlangga Beri Tugas Ridwan Kamil Menangkan Golkar di Jabar-Banten-DKI

3. Rakernas dihadiri ratusan peserta

Ridwan Kamil: Golkar Itu Partai Tengah dan Partai Tanpa MaharPartai Golkar (golkar.or.id)

Partai Golkar menggelar rakernas di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu. Sebanyak 450 peserta menghadiri acara rakernas tersebut.

Para peserta terdiri dari pengurus DPP Partai Golkar, anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, ketua badan atau lembaga DPP Partai Golkar, dan ketua umum ormas serta organisasi sayap.

Rakernas juga diikuti pimpinan organisasi kaderisasi dan keanggotaan, perwakilan pemenangan pemilu DPD Partai Golkar di tingkat provinsi, dan kepala badan saksi nasional Partai Golkar di tingkat provinsi seluruh Indonesia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya