PDIP Pastikan Anak Puan Maharani Maju di Pileg 2024

PDIP resmi daftarkan caleg ke KPU RI

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP) melibatkan generasi muda sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Dari sejumlah nama anak muda yang didaftarkan PDIP, terdapat Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari yang merupakan putri Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan, Pikatan Hapsari sampai menginap tiga hari di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, demi menjalani pengkaderan.

"Ada Mbak Pinka yang memang telah mengikuti proses kaderisasi, tinggal di sekolah partai selama tiga hari. Mereka yang telah mengikuti itu, dicalonkan, termasuk ada Aryo Seno Bagaskara, itu masih mahasiswa. Itu juga dicalonkan, itu satu angkatan pendidikan politik bersama dengan Mbak Pinka," kata Hasto dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga: NasDem: Syahrul Yasin Limpo dan Johnny G Plate Nyaleg di 2024

1. PDIP buka peluang rekrut caleg dari berbagai kalangan

PDIP Pastikan Anak Puan Maharani Maju di Pileg 2024Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan jajaran DPP daftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat pada Kamis (11/5/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati begitu, Hasto tidak membeberkan daerah pemilihan (dapil) yang menjadi lokasi Pinka Hapsari berkontestasi dalam Pileg 2024.

Dia mengatakan, PDIP merekrut calon yang berasal dari mana pun. Keluarga, kata Hasto, merupakan salah satu lingkungan utama dalam pendidikan politik.

"Partai terus melakukan rekrutmen melalui proses pendidikan politik dan kaderisasi. Dan salah satu proses rekrutmen itu memang berasal dari keluarga," kata Hasto.

Sehingga para calon bisa muncul dari lingkungan keluarga, seperti keluarga Puan Maharani. Hasto mengatakan, kondisi itu terjadi di negara demokrasi lain seperti AS dan Singapura.

"Itu suatu kultur yang terbangun tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Amerika Serikat, di Singapura, di Eropa, itu partai politik yang menjadi pilar demokrasi itu melakukan rekrutmen dari keluarga, meskipun kami juga membuka diri terhadap tokoh-tokoh yang mau bergabung," tutur dia.

Baca Juga: Hasto Naik Delman Daftarkan Bacaleg PDIP ke KPU

2. Menkumham Yasonna maju di Pileg 2024

PDIP Pastikan Anak Puan Maharani Maju di Pileg 2024Menkumham saat memberikan keynote speeh Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2021 (dok. Humas Kemenkumham)

Selain mengusung anak muda di Pileg 2024, PDIP juga memastikan kader mereka yang kini menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, maju di Pileg 2024.

"Dari menteri Kabinet Indonesia Maju, yang berasal dari PDI Perjuangan, yang dicalonkan (sebagai caleg) adalah Bapak Yasonna Laoly," tutur dia.

Baca Juga: Deretan Artis yang Jadi Caleg PDIP, Ada Once Mekel dan Denny Cagur

3. Puan kembali maju sebagai caleg

PDIP Pastikan Anak Puan Maharani Maju di Pileg 2024Ketua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Selain itu, Hasto menuturkan, Puan Maharani kembali maju dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Hasto menilai, Puan memiliki kompetensi untuk dicalonkan sebagai wakil rakyat. Puan memiliki banyak pengalaman di dunia pemerintahan, termasuk sebagai Ketua DPR perempuan pertama dan Menteri Koordinator PMK.

"Dengan kapasitas sebagai Ketua DPR memberikan dukungan terhadap seluruh terkait pemilu, sehingga pemilu dapat dijalankan dengan baik, demokratis, dan tentu saja suasana kegembiraan rakyat dalam menyambut pemimpin yang baru. Itu disiapkan oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri oleh PDIP dengan dukungan rakyat indonesia. Jadi Mbak Puan kembali dicalonkan," tutur dia.

Baca Juga: PDIP Pastikan Yasonna Laoly dan Puan Maharani Nyaleg di 2024

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya