PDIP Pastikan Yasonna Laoly dan Puan Maharani Nyaleg di 2024

PDIP resmi daftarkan bacaleg ke KPU RI

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan (PDIP) memastikan, kadernya sekaligus Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dan Ketua DPR RI Puan Maharani akan maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, saat mendaftarkan bacaleg ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat.

"Dari menteri Kabinet Indonesia Maju, yang berasal dari PDI Perjuangan, yang dicalonkan (sebagai caleg) adalah Bapak Yasonna Laoly," kata dia di lokasi, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga: KPU Diperingatkan Kemen PPPA soal Polemik Keterwakilan Perempuan

1. Puan kembali maju sebagai caleg

PDIP Pastikan Yasonna Laoly dan Puan Maharani Nyaleg di 2024Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Manado (dok. PDIP)

Selain itu, Hasto menuturkan Ketua DPR RI Puan Maharani juga akan kembali maju dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Hasto menilai, Puan memiliki kompetensi untuk dicalonkan sebagai wakil rakyat. Puan memiliki banyak pengalaman di dunia pemerintahan, termasuk sebagai Ketua DPR perempuan pertama dan Menko PMK.

"Dengan kapasitas sebagai Ketua DPR memberikan dukungan terhadap seluruh terkait pemilu, sehingga pemilu dapat dijalankan dengan baik, demokratis, dan tentu saja suasana kegembiraan rakyat dalam menyambut pemimpin yang baru. Itu disiapkan oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri oleh PDIP dengan dukungan rakyat indonesia. Jadi Mbak Puan kembali dicalonkan," tutur dia.

Baca Juga: Viral! Anak Menkumham Yasonna Disebut Monopoli Bisnis di Lapas

2. Hasto naik delman daftarkan caleg ke KPU

PDIP Pastikan Yasonna Laoly dan Puan Maharani Nyaleg di 2024Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menaiki delman saat mendaftarkan bacaleg ke KPU pada Kamis, 11 Mei 2023 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasto turut menghadiri pendaftaran bacaleg ke Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023). Hasto tampak mengikuti gelaran barisan pawai budaya yang berangkat dari Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro Nomor 5 menuju Gedung KPU RI.

Dia bersama sejumlah petinggi PDIP lainnya datang ke Kantor KPU dengan menaiki delman. Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, rombongan PDIP itu datang sekitar pukul 09.40 WIB.

Terlihat dalam rombongan itu di antaranya, Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Wakil Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, dan sejumlah pimpinan pusat lainnya.

Baca Juga: Puan Tunjuk Basarah-Adian Napitupulu Jadi Koordinator Relawan Ganjar

3. Tema pendaftaran bacaleg PDIP

PDIP Pastikan Yasonna Laoly dan Puan Maharani Nyaleg di 2024PDIP daftarkan bacaleg ke KPU, pada Kamis, 11 Mei 2023 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasto menjelaskan, tema pendaftaran bacaleg tersebut 'Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya'. "Temanya di dalam pendaftaran caleg oleh Mas Prananda telah diusulkan dan disetujui oleh ketum," tutur dia di lokasi.

"Sesuai dengan nomor urut PDIP banteng moncong putih nomor tiga metal," tutur dia.

Pria asal Yogyakarta ini menyebut pendaftaran secara serentak ini juga dilakukan di seluruh Indonesia.

"Pendaftaran seluruh calon anggota legislatif dari kabupaten, kota, dan provinsi dan tingkat pusat akan dilakukan secara serentak pada 11 Mei pukul 10.00 waktu setempat di seluruh Indonesia yang diawali dengan pendaftaran absensi pada pukul 08.00 pagi," kata Hasto.

Hasto memastikan, seluruh kelengkapan administratif sudah dilakukan. Seluruh bacaleg sudah dipersiapakan secara matang karena telah melalui berbagai tahapan sebelum ditetapkan bacaleg PDIP.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya