Pendukung Anies Gelar Musyawarah Reboan, Ini Isu yang Dibahas

Warga keluhkan lapangan kerja hingga akses pendidikan

Jakarta, IDN Times - Organisasi pendukung bacapres Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) menggelar Musyawarah Reboan di Tebet, Pancoran, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, dan Jagakarsa. Acara itu digelar untuk menjaring aspirasi masyarakat secara langsung.

Salah satu peserta Musyawarah Reboan, Kepala Bakomstra Partai Demokrat DKI Jakarta, Taufik Hidayat menuturkan, masyarakat di Ibu Kota mengeluhkan sejumlah masalah sosial, terutama ketersediaan lapangan kerja. Warga juga mengaku kesulitan terhadap akses pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dinilai Punya Komitmen Berantas Korupsi, Apa Buktinya?

1. Akses pendidikan dinilai menyulitkan anak sekolah

Pendukung Anies Gelar Musyawarah Reboan, Ini Isu yang DibahasIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Taufik menuturkan, masyarakat mengeluhkan akses pendidikan, karena peraturan zonasi menyulitkan mereka untuk mendaftarkan anak-anaknya sekolah.

“Di wilayah Jakarta, kegiatan Musyawarah Reboan dinilai efektif dalam menjaring aspirasi dan menyampaikan solusi alternatif dari warga,” ujar Taufik dalam keterangannya, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga: Gerindra Angkat Bicara soal Guntur Romli Keluar PSI Lantaran Prabowo

2. Musyawarah Reboan dinilai efektif dekati masyarakat

Pendukung Anies Gelar Musyawarah Reboan, Ini Isu yang DibahasForum Musyawarah Reboan (dok. Istimewa)

Taufik berharap peserta Musyawarah Reboan bisa menjangkau masyarakat lebuh luas sehingga menampung beragam aspirasi dan sudut pandang.

Selain itu, caleg DPRD partai Demokrat dapil Jakarta VIII ini menilai, Musyawarah Reboan harus terus diselenggarakan mengingat efektifitasnya dalam menjaring keresahan warga dan mempererat hubungan dengan masyarakat.

“Tentu sebagai caleg harus bisa jadi motor terdepan dan menjadi role model dalam pelaksanaan Musyawarah ini,” ucap dia.

Baca Juga: Respons Yenny Wahid Diisukan Jadi Cawapres Anies: Terima Kasih

3. Musyawarah Reboan wadah pendukung Anies jaring aspirasi

Pendukung Anies Gelar Musyawarah Reboan, Ini Isu yang DibahasSekjen Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Raharja Waluya Jati (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati, memastikan Musyawarah Reboan digelar setiap Rabu malam di berbagai daerah. Acara itu dihadiri oleh pendukung Anies Baswedan bersama caleg Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) dan masyarakat setempat.

Dalam Musyawarah, warga dapat berbicara mengenai persoalan sosial setempat dan isu nasional hingga kesulitan yang mereka hadapi di kehidupan sehari-hari. Dia mengklaim, kegiatan tersebut untuk mengidentifikasi keresahan masyarakat yang menjadi salah satu tugas utama pendukung kandidat capres Anies Baswedan.

"Berinteraksi bersama masyarakat dengan cara berbicara dan terjun langsung. Persoalan di lapangan, keresahan dan keinginan warga akan dapat teridentifikasi secara nyata,” kata dia.

Dengan cara ini, menurutnya, pendukung Anies bisa mendekatkan masyarakat dengan kandidat serta mengangkat suara akar rumput sehingga dapat didengar langsung.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya