Popularitas Erick Thohir Dipertimbangkan untuk Dipilih Jadi Cawapres

Citra positifnya berkat Kementerian BUMN dan PSSI

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir, menjadi salah satu figur potensial calon wakil presiden (cawapres) yang mendapat banyak atensi besar dari semua kalangan masyarakat.

Kinerja Erick Thohir baik sebagai menteri maupun Ketua Umum PSSI semakin menjadikannya figur cawapres potensial di Pilpres 2024.

Baca Juga: PPP Bocorkan Kode dari Puan Soal Sandiaga Dampingi Ganjar 

1. Popularitas Erick Thohir meningkat berkat kinerja di kementerian dan Ketum PSSI

Popularitas Erick Thohir Dipertimbangkan untuk Dipilih Jadi CawapresMenteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai, Erick Thohir sukses membawa BUMN lebih memiliki orientasi kinerja yang berfokus pada kepentingan masyarakat.

Begitu juga sebagai Ketua Umum PSSI, dia dianggap berhasil membuat banyak gebrakan untuk sepak bola. Tentu hal tersebut menjadikan namanya semakin dikenal masyarakat.

“Situasi ini besar kemungkinan muncul karena faktor tren popularitas,” kata Dedi dalam keterangannya, Kamis (3/8/2023).

Baca Juga: Wakili Anak Muda, Erick Thohir Bisa Jadi Cawapres Potensial Prabowo

2. Citra Erick Thohir potensial dongkrak elektoral

Popularitas Erick Thohir Dipertimbangkan untuk Dipilih Jadi Cawapresilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Kinerja positif tersebut menjadikan Erick Thohir semakin kuat sebagai cawapres. Kompetensinya dinilai punya citra positif terhadap kinerja dan programnya sehingga memberi dampak nyata pada elektoral jelang 2024.

“Di mana Erick sedang alami popularitas cukup signifikan,” tutur dia.

“Utamanya pasca ia memimpin PSSI, isu atau pemberitaan tentang sepak bola cukup berperan mengingat ada kenaikan yang cukup menonjol,” lanjut Dedi.

Baca Juga: Cak Imin Tepis KKIR Pecah: Kita Solid, Masih Jadi Bagian Pak Prabowo

3. PAN usul Erick Thohir jadi cawapres dampingi Prabowo atau Ganjar

Popularitas Erick Thohir Dipertimbangkan untuk Dipilih Jadi CawapresKetua Umum PAN Zulkifli Hasan saat berorasi di depan Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (12/5/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, mengatakan, PAN hingga saat ini masih belum menentukan ke mana arah politik dukungan capres 2024.

PAN masih dalam tahap menawarkan Erick Thohir sebagai cawapres Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Dia berharap, dalam waktu dekat tawaran itu bisa diterima dengan baik sehingga bisa segera umumkan capres yang didukung.

"PAN telah menawarkan cawapres kepada baik Pak Prabowo maupun kepada Ibu Megawati. Jadi kamu dalam posisi mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa menerima kabar baik dari salah satu di antara kedua bacapres tersebut," tutur dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Gugatan Batas Usia Capres dan Cawapres Dinilai Upaya Rekayasa Pemilu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya