PPP: Kado Terindah Hari Santri, Mahfud MD Dipilih Jadi Cawapres Ganjar

Mahfud dianggap mewakili kalangan santri

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi, menilai penunjukkan Mahfud MD jadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo merupakan kado terindah pada Hari Santri. Terlebih, momentum dideklarasikannya Mahfud sebagai cawapres berdekatan dengan Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober 2023.

Sebab, kata Arawani, Mahfud dianggap sebagai santri tulen dan tumbuh di lingkungan santri yang patuh dan taat.

”Penunjukan Pak Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo merupakan kado indah pada Hari Santri bagi santri-santri Indonesia. Seorang santri yang cerdas dan profesional menjadi cawapres dan insyaallah terpilih dalam Pilpres 2024 mendatang,” ujar dia dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Penunjukkan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar dianggap bisa menjadi inspirasi bagi seluruh santri-santriwati lainnya di seluruh Indonesia agar serius dalam bidang yang digelutinya secara profesional dan berintegritas.

Baca Juga: Jadi Jurkam Ganjar-Mahfud, Bobby Nasution Diminta Ajak Pemilih Muda

1. Mahfud MD minta santri bawa semangat membangun bangsa

PPP: Kado Terindah Hari Santri, Mahfud MD Dipilih Jadi Cawapres GanjarMahfud MD, hadir dalam workshop anggota DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Mahfud MD juga meminta seluruh santri di Tanah Air terus membawa semangat membangun bangsa sebagaimana pesan Kiai Haji Hasyim Asyari.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam rangka Hari Santri yang pada tahun 2023 bertema 'Jihad Santri Jayakan Negeri'.

"Itu satu pesan yang tidak akan pernah hilang sejak diucapkan KH Hasyim Asyari sejak tanggal 22 Oktober 1945," kata Mahfud di rumah dinasnya, Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, sebelum mengikuti tes kesehatan, Minggu (22/10/2023).

Menurut Mahfud, hal tersebut berarti pula sebagai perintah kepada seluruh santri dan umat Islam di Indonesia.

"Untuk berjihad, membangun, dan menjayakan kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, mari kita bersyukur," kata dia.

Baca Juga: MK Tolak Uji Materi Batas Maksimal Usia Capres-Cawapes 70 Tahun

2. Ganjar sebut santri dan santriwati sumber kekuatan

PPP: Kado Terindah Hari Santri, Mahfud MD Dipilih Jadi Cawapres GanjarPasangan Ganjar dan Mahfud usai mendaftar di KPU pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Di sisi lain, Ganjar Pranowo sempat menyebut bahwa generasi muda, termasuk para santri dan santriwati merupakan sumber kekuatan Indonesia. Tak heran jika Ganjar memilih Mahfud yang dikenal sebagai santri tulen.

“Santri-santriwati harus dipersiapkan menyambut bonus demografi Indonesia,” ucap Ganjar saat berkunjung untuk silaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Habibi, Lombok Tengah, NTB pada Minggu (15/10/23).

Menurut Ganjar, apabila anak muda dibekali dengan ilmu yang baik, maka dia optimistis Indonesia bisa menjadi negara maju. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menjelaskan, di Indonesia sudah banyak pesantren yang terbukti mampu menghasilkan lulusan berkualitas. Santri lulusan pesantren mempunyai kemampuan yang komprehensif.

Baca Juga: Gibran Bakal Jadi Cawapres Prabowo, Mahfud: Selamat Bertanding

3. Ganjar dan Mahfud resmi daftar ke KPU sebagai capres-cawapres

PPP: Kado Terindah Hari Santri, Mahfud MD Dipilih Jadi Cawapres GanjarGanjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftarkan diri ke KPU sebagai capres-cawapres pada Pemilu 2024. (YouTube.com/KPU RI)

Diketahui, Ganjar dan Mahfud secara resmi mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023) lalu.

Ganjar-Mahfud tercatat sebagai paslon pendaftar kedua setelah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang lebih dulu mendaftar ke KPU.

Kemudian Ganjar dan Mahfud menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pendaftaran pasangan calon (paslon) Pilpres 2024 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada Minggu (22/10/2023).

Dia menjalani pemeriksaan kesehatan selama sembilan jam, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pihak RSPAD sejak pagi tadi kami dilayani dan dibawa ke sana ke mari. Mudah-mudahan nanti hasilnya baik, mudah-mudahan hasilnya segera disampaikan ke KPU untuk syarat pemilu,” kata Ganjar setelah menjalani pemeriksaan kesehatan bersama Mahfud MD.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Baju Kampanye Ganjar-Mahfud Disayembarakan, Ada Baju Pilihan Jokowi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya