Prabowo Disarankan Ulama untuk Umumkan Capres Sebelum Puasa

Bulan puasa diharapkan jadi titik awal konsolidasi pilpres

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menampung masukan Ijtima Ulama Nusantara yang menyarankan agar calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) diumumkan jelang bulan puasa.

Adapun bulan puasa pada 2023 diperkirakan jatuh pada pertengahan bulan Maret, tepatnya kurang lebih tanggal 22 atau 23.

Baca Juga: Dasco: Prabowo Akrab dengan Gibran-Bobby Bukan Manuver Politik 

1. Itjima Ulama Nusantara dorong Muhaimin maju Pilpres 2024

Prabowo Disarankan Ulama untuk Umumkan Capres Sebelum PuasaSekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Muzani mengatakan, hasil Forum Ijtima Ulama Nusantara yang digelar DPP PKB tersebut juga mendorong agar Ketum PKB Muhaimin Iskandar maju sebagai capres maupun cawapres.

"Dan diharapkan keputusan ini sudah diambil di bulan puasa, (atau) sebelum bulan puasa, karena puasa diharapkan menjadi awal konsolidasi bagi kekuatan politik seorang capres dan cawapres," kata Muzani saat ditemui IDN Times di Kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Momen Lucu Prabowo Main Bareng Nahyan "Cucu Jokowi" di Medan

2. Sekjen Gerindra pastikan Prabowo tampung semua aspirasi

Prabowo Disarankan Ulama untuk Umumkan Capres Sebelum PuasaKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat resmikan Kantor Bappilu di kawasan Jakarta Barat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Muzani menegaskan, Prabowo tentu mendengar segala masukan dan saran dari berbagai pihak, termasuk kiai, ulama, dan habib yang ditampung dalam Itjima Ulama Nusantara.

"Pak Prabowo prinsipnya mendengar dengan seksama, menyimak, serta memperhatikan pandangan dan saran dari para kiai, ulama, habib dalam itjima ulama itu. Dan beliau sangat menghargai dan menjunjung tinggi pandangan tersebut," tutur dia.

Baca Juga: Survei SMRC: Kang Emil Bisa Memecah Dominasi Suara Prabowo di Jabar

3. Prabowo bakal memikirkan dengan matang usulam Itjima Ulama

Prabowo Disarankan Ulama untuk Umumkan Capres Sebelum PuasaKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Meski demikian, kata Muzani, pandangan tersebut tidak bisa langsung dijawab. Karena, Prabowo perlu memikirkan dengan matang dengan orang-orang yang dipercaya atas keputusan politik di 2024.

"Karena itu pak prabowo memerlukan waktu, pemikiran, dan renungan untuk memberi respons atas jawaban dari pandangan tersebut. Biasanya Pak Prabowo nanti pada waktu yang dianggap tepat memanggil orang-orang yang terpercaya untuk dimintai saran, pandangannya, sampai nanti beliau ambil keputusan tentang satu dan lain hal itu," imbuh dia.

Muzani menjelaskan, Prabowo memiliki cara pandang dan tradisi sendiri dalam mengambil keputusan penting, khususnya yang berkaitan dengan Gerindra. Meski Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut memiliki kewenangan luas dalam mengambil keputusan partai, namun dia lebih memilih dengan cara musyawarah.

"Beliau biasanya dalam ambil keputusan selalu memilih cara-cara untuk bermusyawarah, kolektif kolegial menurut beliau cara yang baik, pikiran orang banyak lebih baik daripada pikiran satu dua orang," tutur dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya