Prilly Pakai Elpiji 3 Kg, DPR Pertanyakan Ketegasan Aturan Subsidi

Subsidi produk gas elpiji 3 kg diusulkan dihapus

Intinya Sih...

  • Pimpinan Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mempertanyakan ketegasan aturan subsidi gas elpiji 3 kg.
  • Sekitar 80 persen pengguna elpiji 3 kg tidak berhak menggunakannya, menguras anggaran dan devisa negara.

Jakarta, IDN Times - Media sosial dihebohkan dengan aktivitas artis Prilly Latuconsina yang diduga menggunakan gas elpiji subsidi 3 kilogram (kg) untuk memasak.

Menanggapi viralnya pemberitaan tersebut, Pimpinan Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mempertanyakan ketegasan aturan terkait subsidi gas tersebut.

Baca Juga: Prilly Latuconsina Pakai Elpiji Subsidi, Pemerintah Buka Suara

1. Dibutuhkan ketegasan aturan

Prilly Pakai Elpiji 3 Kg, DPR Pertanyakan Ketegasan Aturan SubsidiWakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Eddy Soeparno (dok. TKN)

Eddy menilai, sebenarnya dibutuhkan ketegasan terhadap aturan penggunaan gas subsidi, sehingga bantuan yang diberikan pemerintah bisa tepat sasaran.

"Sebenarnya kasus mereka yang mampu membeli elpiji 3 kg sangat banyak. Karena itu dibutuhkan ketegasan menegakkan aturan pembelian elpiji 3 kg. Kalau tidak dilakukan, maka kita hanya akan berkutat di masalah yang sama terus menerus," ujar dia dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Pertamina Ingatkan Elpiji 3 Kg untuk Masyarakat Kurang Mampu

2. Gas elpiji 3 kg impor dan subsidi pakai anggaran negara

Prilly Pakai Elpiji 3 Kg, DPR Pertanyakan Ketegasan Aturan SubsidiIlustrasi LPG. (IDN Times/Holy Kartika)

Sekretaris Jenderal PAN ini menjelaskan, data menunjukkan sekitar 80 persen pengguna elpiji 3 kg adalah mereka yang justru tidak berhak menggunakannya.

Eddy mengingatkan, gas elpiji 3 kg merupakan barang impor dan harganya juga disubsidi pemerintah. Artinya, semakin banyak konsumsi elpiji 3 kg maka berpotensi menguras anggaran dan devisa negara. 

“Telah berulang kali kami sampaikan urgensi untuk merevisi Perpres No 191 tahun 2014, dengan mencantumkan kriteria kelompok masyarakat yang berhak membeli LPG 3kg bersubsidi, termasuk sanksi hukumnya jika masih ada yang membeli atau menjual kepada yang tidak berhak," bebernya.

3. Skema subsidi terhadap produk gas elpiji 3 kg diusulkan dihapus

Prilly Pakai Elpiji 3 Kg, DPR Pertanyakan Ketegasan Aturan SubsidiPangkalan elpiji salah satu warga Kediri. (dok. Pemkab Kediri)

Eddy mendorong agar skema subsidi di elpiji 3 kg dihapus dan memberikan subsidinya langsung kepada masyarakat.

Jika selama yang diberikan subsidi ialah produknya, maka ke depan diusulkan agar subsidinya diberikan langsung kepada kelompok masyarakat yang memenuhi kriteria selaku penerima subsidi, melalui transfer tunai ke rekening bank penerima. Kemudian, di pasaran juga ditetapkan satu harga standar dari Pertamina.

"Saya kira mekanisme ini patut dipelajari agar mengurangi penyalahgunaan subsidi oleh masyarakat mampu," ucapnya.

"Nah, sementara peraturan dan mekanisme penyaluran subsidi elpiji 3 kg tengah dievaluasi, kami menghimbau khususnya kepada masyarakat mampu agar stop belanja elpiji 3 kg bersubsidi," lanjut Eddy.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya