Profil Partai Kebangkitan Nusantara, Parpol yang Pilih Anas Jadi Ketum

Anas dipilih sebagai ketua umum dalam Munaslub PKN

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Anas Urbaningrum terpilih sebagai Ketum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Dia ditunjuk sebagai Ketum PKN secara aklamasi dalam acara Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Anas merupakan politikus senior. Namun, Anas harus lengser dari kursi Ketum Demokrat karena tersandung kasus korupsi Hambalang pada 2010-2012.

Anas yang saat itu menjabat sebagai Ketum Demokrat terlibat kasus korupsi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor.

Pada 2013, KPK menetapkan Anas sebagai tersangka. Penetapan itu dilakukan setelah mendapat pernyataan mantan bendahara umum Partai Demokrat, Nazaruddin yang kala itu juga terjerat kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Palembang.

Selanjutnya, proses hukum Anas berakhir pada tingkat peninjauan kembali (PK) setelah melalui sidang tipikor, banding, hingga kasasi. Pada proses permohonan PK, Anas dihukum penjara delapan tahun dan denda Rp300 juta subsider kurungan tiga bulan.

Selain harus merasakan dinginnya di dalam ruangan jeruji besi, hak politik Anas juga dicabut selama lima tahun.

Anas yang merupakan terpidana kasus korupsi Hambalang tersebut menjalani masa pidana selama delapan tahun di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Kemudian Anas menghirup udara bebas pada Selasa, 11 April 2023.

Setelah bebas, Anas langsung disambut simpatisannya untuk bergabung ke PKN. Sahabat sekaligus pendiri PKN, Gede Pasek Suardika tak memungkiri partainya itu memang disiapkan untuk menjadi kendaraan politik Anas.

PKN termasuk sebagai partai politik baru yang menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Lantas apa itu PKN?

Baca Juga: Hak Politik Dicabut, Anas Urbaningrum Tetap Jadi Ketum PKN

1. PKN sebelumnya bernama Partai Karya Perjuangan

Profil Partai Kebangkitan Nusantara, Parpol yang Pilih Anas Jadi KetumPKN ikut mendaftar untuk Pemilu 2024 pada Selasa (2/8/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Awalnya, PKN bernama Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan) yang terdaftar pada 2008 berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) Nomor: M.HH-23.AH.11.01 Tahun 2008 tertanggal 3 April 2008. Kemudian, Pakar Pangan dideklarasikan ulang bernama PKN pada 28 Oktober 2021.

Mengutip laman resmi PKN, pimnas-pkn.id, penetapan nama baru tersebut juga berbarengan dengan penetapan pembaharuan bendera atau lambang dan penyesuaian Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Dalam laman resminya tertulis, PKN melihat kondisi Indonesia belum mengalami perubahan baik yang signifikan, meski sudah merdeka. Partai ini menilai, para aktor penyelenggara pemerintahan Indonesia belum mampu memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara utuh.

PKN mengungkapkan, proses pembangunan nasional masih tersandera moral hazard, budaya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di seluruh sendi pemerintahan.

Bahkan, menurut PKN, bermacam ideologi asing terus berusaha menghancurkan Pancasila secara perlahan dan kemiskinan masih merajalela. Karena itu, para pelopor PKN bertekad bulat mendirikan partai untuk menepis segala kesengsaraan rakyat.

PKN mengeklaim kehadiran di tengah masyarakat sebagai sebuah wadah gerakan kesadaran generasi bangsa untuk membangkitkan dan mengamalkan nilai-nilai jenius nusantara.

Demi kebangkitan negeri, PKN mendukung segala upaya untuk pembangunan bangsa dan karakter manusia Indonesia. Kemudian, senantiasa berjuang bersama rakyat, menjadikan kedaulatan rakyat sebagai kekuatan utama.

Di sisi lain, PKN mengeklaim partainya memposisikan diri sebagai partai gerakan kesadaran yang mandiri, profesional, produktif dan berpijak pada nilai nilai jenius nusantara dalam upaya menciptakan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.

Baca Juga: Terpilih Jadi Ketum PKN, Anas Urbaningrum: Ini Tugas Berat

2. Visi dan misi Partai Kebangkitan Nusantara

Profil Partai Kebangkitan Nusantara, Parpol yang Pilih Anas Jadi KetumKantor Sekretariat Pimpinan Nasional Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Adapun visi PKN yakni terwujudnya bangsa Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur dengan berwawasan nusantara. Sedangkan, misi yang direncanakannya sebagai berikut ini:

  1. Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui penyelenggaraan negara yang demokratis, transparan dan akuntabel dengan senantiasa berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
  2. Melahirkan pemimpin yang bertakwa, jujur, berani, tegas, aspiratif dan berkemampuan dalam menjalankan tugas serta berwawasan nusantara
  3. Menegakkan hak dan kewajiban asasi manusia dan supremasi hukum yang sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 untuk mewujudkan keadilan dan kepastian hukum guna melindungi kehidupan rakyat, bangsa dan negara
  4. Membangun sumber daya manusia yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, terampil dan berwawasan nasional serta berintegritas
  5. Memberikan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya kepada kaum perempuan, generasi muda dan disabilitas pada posisi taktis strategis untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa
  6. Menumbuhkembangkan nilai-nilai positif kenusantaraan sebagai bagian untuk memperkokoh jati diri dan kepercayaan diri bangsa
  7. Membangun sistem perekonomian nasional yang berkeadilan, berwawasan lingkungan dan berorientasi pada penguatan ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam secara tepat guna dan berdaya guna serta membuka kesempatan berusaha dan lapangan kerja yang seluas-luasnya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat
  8. Mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme secara total dalam rangka mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri dan bermartabat
  9. Mengembangkan Otonomi Daerah untuk lebih memacu percepatan dan pemerataan pembangunan di seluruh Tanah Air guna memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Hak Politik Dicabut, Anas Urbaningrum Tetap Jadi Ketum PKN

3. Arti lambang dan warna bendera PKN

Profil Partai Kebangkitan Nusantara, Parpol yang Pilih Anas Jadi KetumPartai Kebangkitan Nusantara (pimnas-pkn.or.id)

Secara keseluruhan, lambang PKN bermakna partai ini bertekad bulat dengan semangat kegigihan dan kegagahan Garuda Pancasila untuk membangkitkan kembali kejayaan, maupun keunggulan Nusantara di masa kini dan mendatang.

Gambar lingkaran sebagai simbol kebulatan tekad dalam mengabdi untuk masyarakat bangsa dan negara. Lalu, burung Garuda sebagai simbol keperkasaan, kesetiaan dan pengayoman. Sedangkan, bintang berjumlah lima sebagai simbol lima perjuangan dasar dan hakiki berdasarkan Pancasila.

Tulisan Partai Kebangkitan Nusantara yang dicetak huruf kapital semua itu, melambangkan nama dari partai yang bertekad untuk membangkitkan lagi kejayaan Bumi Nusantara menuju Indonesia Unggul. Sementara itu, untuk warna merah bermakna keberanian, keteguhan dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi.

Warna putih bermakna kesucian, ketulusan dalam mengemban amanah menjaga bumi pertiwi. Warna hitam bermakna keabadian, ketegasan, konsistensi dalam perjuangan mewujudkan Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Sedangkan, warna hijau bermakna kesejukan, ketekunan dan kesabaran dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya