Punya Kemampuan Manajerial, Erick Berpotensi Dilirik Jadi Cawapres

Erick Thohir dinilai punya citra positif di masyarakat

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko menilai, Menteri BUMN Erick Thohir berpotensi jadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, potensi itu karena citra positif masyarakat kepada sosok Erick Thohir.

Baca Juga: Ini Alasan Erick Thohir Pilih Rahmad Pribadi Jadi Bos Pupuk Indonesia

1. Erick Thohir dinilai punya kemampuan manajerial

Punya Kemampuan Manajerial, Erick Berpotensi Dilirik Jadi Cawapresilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Anang menjelaskan, kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN dan PSSI kian membuatnya menjadi figur cawapres potensial dari kalangan non parpol. Citra keberhasilannya memimpin lembaga negara itu membuatnya dianggap sebagai sosok yang punya kemampuan manajerial.

"Kehadiran Erick Thohir itu ada pada sisi manajerilanya," kata Anang dalam keterangannya, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga: DPR Bakal Panggil Erick Thohir Perkara Gas Melon 3 Kg Langka

2. Kemampuan manajerial Erick Thohir terlihat di Kementerian BUMN dan PSSI

Punya Kemampuan Manajerial, Erick Berpotensi Dilirik Jadi Cawapresilustrasi pemimpin (IDN Times/Aditya Pratama)

Anang menjelaskan, sejumlah bukti yang menunjukkan kemampuan manajerial Erick Thohir adalah keberhasilan Kementerian BUMN meningkatkan keuntungan pendapatan perusahaan negara.

Selain itu, Erick Thohir juga melakukan pendekatan kepada masyarakat yang mayoritas menyukai olahraga sepak bola. Dia disebut berhasil merombak wajah dunia sepak bola di tanah air.

"Erick Thohir ini kan sebagai sosok yang kompatibel," jelas dia.

Baca Juga: Erick Thohir soal Cawapres: Saya Gak Mau Kawin Paksa, Gak Enak

3. Erick Thohir didorong jadi cawapres dampingi Prabowo atau Ganjar

Punya Kemampuan Manajerial, Erick Berpotensi Dilirik Jadi CawapresKetua Umum PAN Zulkifli Hasan saat berorasi di depan Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (12/5/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, PAN belum menentukan ke mana arah politik dukungan capres 2024. 

PAN masih dalam tahap menawarkan Erick Thohir sebagai cawapres Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Dia berharap, dalam waktu dekat tawaran itu bisa diterima dengan baik, sehingga bisa segera umumkan capres yang didukung.

"PAN telah menawarkan cawapres kepada baik Pak Prabowo maupun kepada Ibu Megawati. Jadi kamu dalam posisi mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa menerima kabar baik dari salah satu di antara kedua bacapres tersebut," tutur saat ditemui di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (30/7/2023).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya