Comscore Tracker

Rencana Matang, AHY Buka Makna Kenapa Pendaftaran Demokrat Hari Jumat 

AHY berharap Demokrat bisa jadi peserta Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat secara resmi mendaftarkan diri sebagai partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pendaftaran tersebut dilakukan pada hari kelima dibukanya tahapan pendaftaran. Dengan demikian artinya Partai Demokrat jadi parpol ke-12 yang mengajukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, alasan pihaknya mendaftar pada Jumat (5/8/2022). Menurut dia, pendaftaran dilakukan pada hari ini sesuai dengan kepercayaan bahwa kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat membawa keberkahan tersendiri.

"Kami merasa Jumat ini yang paling pas insyaallah hari yang penuh barokah. Dan juga pas dengan kebersamaan dengan para Ketua DPD seluruh Indonesia. Dan kebetulan juga hari ini setelah acara di KPU, kami akan melakukan acara Partai Demokrat di Ciawi," ujar AHY kepada awak media di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

1. Partai Demokrat konsolidasi siapkan strategi jelang 2024

Rencana Matang, AHY Buka Makna Kenapa Pendaftaran Demokrat Hari Jumat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran saat mendaftarkan Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketika ditanya mengapa Partai Demokrat tidak mendaftarkan diri bersamaan dengan hari ulang tahunnya, AHY menegaskan sejak awal pihaknya tidak ada niatan untuk menggelar acara tersebut bersamaan.

"Kebetulan tidak, (Partai Demokrat) tidak ngepas-ngepasin momentum itu," ucap dia.

Lebih lanjut putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menegaskan, Partai Demokrat bakal segera mengedepankan upaya konsolidasi untuk menyiapkan strategi politik pada Pemilu 2024.

"Ini juga sebagai kelanjutan dari upaya konsolidasi dan menyiapkan strategi terbaik menuju 2024," tutur AHY.

Baca Juga: AHY Demokrat Jalan Kaki ke KPU buat Daftar Pemilu

2. AHY berharap Partai Demokrat bisa ikut ramaikan Pemilu 2024

Rencana Matang, AHY Buka Makna Kenapa Pendaftaran Demokrat Hari Jumat Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam kesempatan itu, AHY juga berharap Partai Demokrat bisa memenuhi berbagai persyaratan sebagai parpol peserta Pemilu 2024. Kendati begitu, dia meminta kepada KPU untuk memberikan arahan dan masukan apabila ada persyaratan atau data yang dirasa kurang.

"Kami secara online juga telah memenuhi berbagai persyaratan, mudah-mudahan bisa sesuai dengan yang dipersyaratkan. Tetapi kami juga sekali lagi mohon masukan dan juga bimbingan dari para komisioner dan Ketua KPU RI agar Partai Demokrat benar-benar dinyatakan lulus sebagai peserta pemilu," ujar AHY dalam konferensi pers.

Baca Juga: Daftar ke KPU, AHY Berharap Demokrat Bisa Jadi Peserta Pemilu 2024

3. Demokrat memastikan kelengkapan data sudah dikerjakan sejak tiga bulan terakhir

Rencana Matang, AHY Buka Makna Kenapa Pendaftaran Demokrat Hari Jumat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran saat mendaftarkan Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024. (IDN Times/Melani Hermalia Putri)

AHY menjelaskan, Partai Demokrat sudah mempersiapkan penginputan data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) selama tiga bulan terakhir. Hal tersebut dilakukan lantaran dia ingin memastikan data yang diinput sesuai dengan syarat-syarat yang diberikan KPU.

"Satgas verifikasi parpol bekerja pagi siang malam selama tiga bulan terakhir. Ini tentu dibantu oleh para kader utama kami yang juga berupaya sekuat tenaga semaksimal mungkin agar bisa memenuhi harapan dan juga standar yang dipersyaratkan oleh KPU," ujar dia.

Untuk diketahui sebelumnya, sejak hari pertama tahapan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 dibuka hingga saat ini, sebanyak 12 partai sudah mendaftar. Di antaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Reformasi (PR), Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garuda, dan Partai Demokrat.

Adapun tahapan pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 sendiri digelar mulai 1 hingga 14 Agutus 2022 mendatang.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya