Selain Eko Patrio, PAN Sebut Nama Yandri untuk Jadi Menteri Prabowo

Yandri dinilai sebagai kader PAN yang bergerak dari bawah

Intinya Sih...

  • Ketua Fraksi PAN DPR RI menyatakan banyak kader partai mendukung Yandri Susanto jadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.
  • Yandri dianggap sebagai kader utama PAN yang bergerak dari bawah dan memiliki pengalaman serta prestasi politik yang baik.
  •  

Jakarta, IDN Times - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengungkap, banyak kader partainya yang menginginkan agar Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto jadi menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu terungkap dalam Rakornas dan Bimtek yang digelar Partai Amanat Nasional tersebut. Para peserta di daerah menginginkan agar Yandri jadi menteri.

Nama Yandri disebut setelah sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut nama Eko Patrio.

Baca Juga: PAN Tegaskan Eko Patrio Layak Jadi Menterinya Prabowo

1. Yandri dinilai kader yang bergerak dari bawah

Selain Eko Patrio, PAN Sebut Nama Yandri untuk Jadi Menteri PrabowoWakil Ketua MPR Yandri Susanto (tengah) setelah menerima audiensi dengan Ketua Umum DPP Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Syamsuddin (kiri) di ruang rapat MPR, Senin (8/8/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Saleh menyampaikan, para kader menganggap Yandri sebagai kader utama PAN yang bergerak dari bawah. Sehingga visi, misi, dan komitmen Yandri sesuai dengan nilai-nilai yang diperjuangkan PAN.

"Secara pribadi saya kenal mas Yandri sejak puluhan tahun lalu. Kala itu, kami sama-sama beraktivitas di organisasi kepemudaan. Saya Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah dan mas Yandri Ketua Umum BM PAN. Saya tahu banyak karya mas Yandri yang cukup berhasil, tidak hanya di PAN tetapi juga di luar partai. Dia pekerja keras, ulet, tangguh, pantang menyerah, bersahabat, ramah, dan memiliki jaringan yang cukup luas," kata dia dalam keterangannya, Rabu (9/5/2024).

2. Yandri punya pengalaman di Pemilu 2024

Selain Eko Patrio, PAN Sebut Nama Yandri untuk Jadi Menteri PrabowoWakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Di sisi lain, kata Saleh, Yandri kerap diberi amanah melaksanakan tugas penting dan strategis. Terbaru, saat Pemilu 2024 lalu, dia ditugaskan sebagai ketua Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN). 

Dia juga dipercaya menjadi Komandan Charlie (penggalangan) TKN Prabowo-Gibran. 

"Selain itu, dia selalu terlibat aktif dalam setiap agenda partai. Tidak heran jika dia mengenal semua pengurus PAN di Indonesia," ujarnya.

"Mas Yandri mudah mengenal kader dan memiliki ingatan yang kuat. Tidak hanya namanya, asal daerah dan kampungnya pun diingat. Wajar kalau seluruh pengurus di daerah senang pada mas Yandri," sambung Saleh.

3. Yandri juga punya pengalaman di parlemen

Selain Eko Patrio, PAN Sebut Nama Yandri untuk Jadi Menteri PrabowoPolitikus PAN Yandri Susanto dilantik jadi Wakil Ketua MPR RI (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Di parlemen, Yandri juga pernah menjadi pimpinan pansus, sekretaris fraksi, Ketua Komisi VIII, dan bahkan sekarang Wakil Ketua MPR RI. Oleh sebab itu, Saleh menilai dari sisi pengalaman, Yandri sudah sangat baik dan matang.

Kendati demikian, PAN menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo sebagai presiden terpilih untuk menentukan nama-nama di kabinetnya.

"Sangat wajar jika dalam perhelatan rakornas ini, kader-kader PAN dari berbagai daerah mendorong mas Yandri untuk menjadi salah seorang menteri dari PAN. Semua meyakini bahwa mas Yandri akan mampu menorehkan prestasi di kabinet. Dari sisi pengalaman, jejak dan karier politiknya, mas Yandri diyakini akan banyak membantu tugas-tugas Prabowo-Gibran," imbuhnya.

Adapun, PAN menggelar Bimtek dan rakornas Pilkada pada hari ini, Kamis (9/5/2024). Semua caleg terpilih dan calon kepala daerah diundang. Fokusnya adalah mengkonsolidasikan dan mensinergikan semua kekuatan politik yang ada untuk pemenangan pilkada nanti. 

Rakornas dan bimtek kali ini menarik. Pasalnya, para peserta dari daerah ternyata tidak hanya membicarakan pilkada. Namun, juga ramai perbincangan terkait calon-calon menteri dari PAN. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya