Sinyal Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Melesat di Jatim

Warga nahdliyin banyak pilih Prabowo di Jatim

Jakarta, IDN Times - Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt, mengatakan elektabilitas calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Jawa Timur (Jatim) kian melesat.

Menurut Baihaki, hal itu dikarenakan Menteri Pertahanan tersebut diisukan mendapat dukungan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Baca Juga: Bertemu Prabowo, Budiman Sudjatmiko Bantah Bakal Gabung Gerindra

1. Survei di Jatim, elektabilitas Prabowo kalahkan Ganjar dan Anies

Sinyal Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Melesat di JatimIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Merujuk pada hasil survei yang dilakukan ARCI pada 4 sampai 15 Juli 2023 dan melibatkan 1.250 responden, Prabowo mendapatkan dukungan tertinggi dari masyarakat Jatim.

Prabowo berhasil unggul dari kandidat capres lain seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam survei ARCI, Prabowo mendapatkan dukungan 33,7 persen, diikuti Ganjar Pranowo yang mendapatkan 30,5 persen, dan Anies Baswedan dengan raihan 23,3 persen.

“Hasil survei ARCI dalam elektabilitas simulasi capres tiga nama, Prabowo Subianto unggul atas Ganjar dan Anies Baswedan. Tren Prabowo terus meningkat di Jatim,” ucap Baihaki dalam keterangannya, Rabu (19/7/2023).

2. Nahdliyin di Jatim cenderung pilih Prabowo

Sinyal Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Melesat di JatimMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Baihaki menegaskan, tren elektabilitas Prabowo di Jatim meningkat. Seperti diketahui, pada akhir 2022, elektabilitas mantan Danjen Kopassus itu masih ada di angka 21,9 persen, namun kini melesat menjadi 33,7 persen.

Faktor besar lain dari temuan ARCI ialah banyaknya pemilih dari kalangan nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) yang sangat besar di Jatim condong memilih Prabowo dibanding kandidat capres lain. Hal itu, menurut Baihaki, menjadi sebuah temuan menarik menjelang Pilpres 2024.

“Faktor besar lain dari temuan kami adalah pemilih nahdliyin yang sangat besar di Jatim cenderung memilih Prabowo dibanding dua nama lain,” ucap dia.

Masih dalam survei yang sama, ARCI menemukan 32,06 persen kalangan nahdliyin yang memilih Prabowo. Lalu, diikuti Ganjar Pranowo yang mendapatkan dukungan 30,01 persen, dan Anies Baswedan yang hanya mengantongi 17,4 persen.

Baca Juga: Mengungkap Sisi Lain Prabowo yang Mendadak Ramah Jelang Pilpres 2024

3. Gaya komunikasi Prabowo kian merakyat bisa dongkrak elektabilitas

Sinyal Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Melesat di JatimPrabowo Subianto menghadiri Konser 3 Dekade Perjalanan Cinta Ari Lasso yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (8/7/2023) malam (dok. Tim Prabowo)

Sementara itu, Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, menilai, gaya komunikasi bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto yang semakin merakyat berpotensi mendongkrak elektabilitasnya jelang Pilpres 2024.

Menurut Djayadi, strategi tersebut potensial menarik elektoral yang berasal dari akar rumput masyarakat. Dia mengatakan, gaya komunikasi Prabowo jelang 2024 telah bertransformasi menjadi lebih merakyat. Sehingga semakin membuka peluang Prabowo diterima berbagai kalangan.

Djayadi menjelaskan, pada Pilpres 2014 dan 2019, gaya komunikasi Prabowo masih identik bergaya militer.

“Karena gaya komunikasinya berubah dari menekankan sisi-sisi militer, sisi-sisi ketegasan dan kewibawaan, sekarang gaya komunikasi kan berubah menjadi lebih merakyat kan gitu,” kata Djayadi, dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).

Djayadi juga menuturkan, Prabowo di beberapa kesempatan sering sekali terlihat bersama masyarakat akar rumput. Hal ini kemudian menjadi perhatian bagi masyarakat lain, sehingga tertarik dengan figur Ketua Umum Partai Gerindra tersebut dalam menentukan pilihan pemimpin Indonesia selanjutnya.

“Lebih banyak menunjukkan kedekatan dengan masyarakat kecil dan seterusnya, itu menarik pemilih yang berlatar belakang masyarakat kecil,” ujar Djayadi.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya