Survei: Elektabilitas Prabowo Menguat, Ganjar Turun, Anies Tertinggal

Survei digelar pada 5 sampai 12 Juli 2023

Jakarta, IDN Times - Lembaga New Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) jelang Pemilu 2024 mendatang.

Hasilnya, nama Prabowo Subianto kian menguat, disusul oleh Ganjar Pranowo yang cenderung menurun, dan Anies Baswedan yang tertinggal di posisi terakhir.

1. Elektabilitas tertinggi Prabowo disusul Ganjar dan Anies

Survei: Elektabilitas Prabowo Menguat, Ganjar Turun, Anies TertinggalGanjar Pranowo dan Prabowo Subianto (IDN Times/AryodamarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Direktur Eksekutif New Indonesia Research and Consuting, Andreas Nuryono mengatakan, Prabowo berhasil menempati peringkat pertama dengan torehan elektabilitas sebesar 26,5 persen. Disusul Ganjar dengan angka 23,6 persen dan Anies dengan dukungan sebanyak 13,3 persen.

“Elektabilitas Prabowo terus melesat dan unggul, sementara Ganjar cenderung stagnan dan Anies jeblok,” kata Andreas dalam konferensi pers, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: PDIP: Dukungan Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan di Jawa Barat

2. Menguatnya elektabilitas Prabowo karena sinyal dukungan Jokowi

Survei: Elektabilitas Prabowo Menguat, Ganjar Turun, Anies TertinggalPresiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Andreas menjelaskan elektabilitas Prabowo terus mengalami tren peningkatan di tengah melandainya elektabilitas Ganjar. Dia menilai, menguatnya elektabilitas Prabowo disebabkan adanya sinyal dukungan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Dia menambahkan, alasan sinyal dukungan dari Jokowi ke Prabowo itu lantaran ingin memastikan pemimpin selanjutnya bisa menjamin keberlanjutan program dan menang di Pilpres 2024.

“Jokowi ingin memastikan Capres yang bisa menjamin keberlanjutan program dan menang Pilpres,” tutur Andreas.

3. Ada fenomena menarik di 2024, suara dukungan berpotensi bermigrasi

Survei: Elektabilitas Prabowo Menguat, Ganjar Turun, Anies TertinggalIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Selain itu, Andreas menyatakan adanya fenomena menarik jelang Pilpres 2024 mendatang karena adanya migrasi suara dari kalangan pemilih. Hal tersebut tercermin dari peningkatan elektabilitas Prabowo disertai menurunnya elektabilitas Anies.

“Prabowo yang pernah satu kubu dengan Anies menjadi opsi terbaik di tengah ketidakpastian nasib Anies bakal nyapres atau tidak,” ucap dia.

Terakhir, survei New Indonesia juga turut mensimulasikan jika Pilpres 2024 hanya menyisakan dua nama, yakni Prabowo dan Ganjar.

Hasilnya, Prabowo mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan total 49,5 persen. Sementara Ganjar, hanya mendapatkan dukungan sebesar 36,6 persen.

“Prabowo mengungguli Ganjar dalam simulasi dua nama bakal calon presiden,” ungkapnya.

Untuk diketahui, survei tersebut digelar pada 5 sampai 12 Juli 2023. Riset mengenai elektabilitas bacapres itu melibatkan 1200 responden.

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya