Survei: Prabowo Kandaskan Ganjar dan Anies Lewat Head to Head

Survei digelar 15 sampai 21 Juli 2023

Jakarta, IDN Times - Survei yang digelar oleh Indikator Politik Indonesia menyebutkan Prabowo Subianto unggul dibanding PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dan capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan.

Survei itu membuktikan jika pilpres menyisakan dua nama capres maka Prabowo sukses mengalahkan Ganjar dan Anies.

1. Prabowo unggul saat lawan Ganjar

Survei: Prabowo Kandaskan Ganjar dan Anies Lewat Head to HeadGanjar Pranowo dan Prabowo Subianto (IDN Times/AryodamarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan jika hanya ada dua pasangan capres, Prabowo dan Ganjar atau Prabowo dan Anies, Capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) itu akan mengantongi keunggulan yang signifikan.

Ketika berhadapan dengan Ganjar, Prabowo akan mengantongi dukungan sebesar 47,0 persen. Sementara, Ganjar harus puas dengan dukungan hanya di angka 39,6 persen dalam simulasi head to head.

"Kalau head to head datanya begini, Pak Prabowo unggul signifikan di atas margin of error 2,35 persen. Selisih kurang lebih sekitar 7,4 persen. Jadi, ini signifikan," kata Burhanuddin dalam keterangannya, Minggu (20/8/2023).

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

2. Prabowo unggul jauh kalahkan Anies

Survei: Prabowo Kandaskan Ganjar dan Anies Lewat Head to HeadBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Kemudian, Burhanuddin juga melakukan simulasi lain jika kontestasi hanya diikuti oleh Prabowo dan Anies. Hasilnya, Menteri Pertahanan RI itu unggul jauh atas Anies. Prabowo berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 51,2 persen dan Anies hanya meraup dukungan sebesar 33,5 persen.

"Kalau lawan Anies, Pak Prabowo bahkan mencapai lebih dari 51 persen. Taruhlah TT/TJ (tidak tahu/tidak jawab) 15 persen taruh semua ke Anies, Pak Prabowo masih mendapatkan angka di atas 50 persen," ungkapnya.

3. Survei digelar 15 sampai 21 Juli 2023

Survei: Prabowo Kandaskan Ganjar dan Anies Lewat Head to Headilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Survei ini dilakukan pada 15-21 Juli 2023 dengan populasi survei seluruh warga Indonesia yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah (kriteria pemilih).

Kemudian, total responden sebanyak 1.811 dengan metode multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan sekitar 2,35 atau 2,4 persen.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya