Tempo Hormati Rekomendasi Dewan Pers tentang Pengaduan Erick Thohir

Erick Thohir diberikan hak jawab

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Redaksi Tempo, Setri Yasra, memastikan pihaknya menghormati dan siap menjalankan rekomendasi Dewan Pers dalam kasus pengaduan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Diketahui, Erick keberatan dengan sejumlah informasi yang disiarkan program podcast Tempo, 'Bocor Alus Politik.'

“Dewan Pers adalah lembaga yang paling berwenang dalam menyelesaikan sengketa pemberitaan, sesuai UU Pers Nomor 40 tahun 1999," kata Setri Yasra dalam keterangannya, Rabu (19/7/2023).

"Kami akan menjalankan semua rekomendasi Dewan Pers," lanjut dia.

Baca Juga: Dewan Pers Sebut Masalah Tempo-Erick Thohir Selesai Lewat Hak Jawab

1. Tempo soroti rilis yang dibuat pihak Erick Thohir

Tempo Hormati Rekomendasi Dewan Pers tentang Pengaduan Erick ThohirCak Lontong bersama Ketum PSSI, Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Kendati begitu, Setri menyoroti tindakan pihak Erick Thohir yang membuat rilis terbuka mengenai penyelesaian sengketa ini.

Rilis itu dibagikan Selasa, 18 Juli 2023 dengan judul 'Podcast Tempo Melanggar Kode Etik'. Padahal, kata Setri, kesepakatan penyelesaian di Dewan Pers hasilnya tidak boleh dipublikasikan.

"Dalam kesepakatan penyelesaian di Dewan Pers, hasilnya tidak boleh dipublikasikan. Kedua pihak sepakat yang memberikan keterangan hanya pihak Dewan Pers," tutur dia.

Baca Juga: Erick Thohir soal BUMN Caplok Saham Vale: Kita Punya Duit Lho!

2. Podcast Bocor Alus tidak diturunkan dan Erick Thohir akan hadir berikan hak jawab

Tempo Hormati Rekomendasi Dewan Pers tentang Pengaduan Erick ThohirKetum PSSI, Erick Thohir, di SUGBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Setri juga telah melaporkan penyebaran rilis secara sepihak oleh tim Erick Thohir kepada Ketua Dewan Pers, Niniel Rahayu dan Anggota Dewan Pers, Yadi Hendriana yang membidangi pengaduan.

“Ini penting karena sudah ada kesepakatan,” ucap Setri.

Setri lantas menegaskan, posisi Tempo tidak berubah. Hanya saja, ada beberapa poin yang tidak akurat dalam rilis tim Erick.

Dewan Pers menegaskan bahwa podcast 'Bocor Alus' tidak dicabut atau diturunkan dari YouTube. Erick Thohir juga akan hadir untuk memberikan hak jawab di podcast 'Bocor Alus.'

Adapun kesepakatan di Dewan Pers pada 17 Juli 2023 itu berupa risalah berisi poin-poin kesepakatan yang tak boleh dipublikasikan.

"Klarifikasi dan lain-lain disampaikan saat tim podcast 'Bocor Alus' mewawancarai Erick Thohir,” tutur Setri.

Kedua pihak bersengketa dalam program podcast Tempo, 'Bocor Alus Politik' yang membahas Erick Thohir sebagai Ketua PSSI diduga memanfaatkan jabatan Menteri BUMN untuk kepentingan politiknya. Podcast itu tayang di YouTube pada 9 Juli 2023.

Baca Juga: Ahok Temui Erick, Bahas Ekspansi Pertamina di Afrika

3. Tempo dan Tim Erick Thohir sepakat selesaikan sengketa dengan hak jawab

Tempo Hormati Rekomendasi Dewan Pers tentang Pengaduan Erick ThohirIlustrasi Hak Jawab

Sementara itu, saat dikonfirmasi IDN Times, Anggota Dewan Pers, Yadi Hendriana menjelaskan, pada intinya kedua pihak sepakat menyelesaikan sengketa pers dengan melakukan hak jawab.

Menurutnya, hak jawab itu sebagai sesuatu yang wajar dalam mediasi, yakni pihak teradu memberikan ruang yang sama terhadap pengadu.

“Intinya, kedua pihak sudah bersepakat akan menyelesaikan sengketa pers dengan Hak Jawab, ada tenggat waktu 10 hari untuk dilaksanakan, dan ini sesuatu yang wajar dalam mediasi bahwa pihak teradu memberikan ruang yg sama terhadap pengadu sesuai kesepakatan saat mediasi," kata Yadi saat dihubungi IDN Times, Rabu (19/7/2023).

Baca Juga: Rosan Roeslani Belum Lapor Harta Kekayaan, Erick Thohir: Harus Dong!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya