24 Agustus Hari Anak Jakarta Membaca: Begini Sejarahnya

Tingkatkan literasi anak

Jakarta, IDN Times - Dilansir laman resmi Perpustakaan Nasional Indonesia, Hari Anak Jakarta Membaca atau Hanjaba diperingati setiap tanggal 24 Agustus. Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kegemaran membaca kepada anak-anak dan generasi muda.

Hanjaba juga diadakan untuk mewujukan generasi muda yang cinta membaca dan juga perpustakaan. Kegiatan ini diadakan setiap tahunnya untuk meningkatkan potensi generasi muda dalam minat baca. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini sejarah dan tujuan Hanjaba.

1. Sejarah Hari Anak Jakarta Membaca

24 Agustus Hari Anak Jakarta Membaca: Begini Sejarahnyailustrasi membaca buku (pexels.com/PNW Production)

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Pusat mengadakan Hanjaba merujuk pada minat baca masyarakat Indonesia yang cukup rendah. Dari 61 Negara, Indonesia menempati urutan ke-60 dengan minat baca yang rendah.

Riset yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan, Indonesia menduduki peringkat 60 dengan skor 396 dari total 65 peserta negara untuk kategori membaca. Skor rata-rata internasional yang ditetapkan oleh PISA adalah 500.

Tujuan diadakannya Hari Anak Membaca Jakarta adalah untuk meningkatkan pemahaman kepada anak pentingnya membaca buku untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Acara ini diharapkan akan meningkatkan kegemaran anak-anak di DKI Jakarta.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana agar Kemauan untuk Membaca Buku Makin Meningkat

2. Manfaat membaca buku

24 Agustus Hari Anak Jakarta Membaca: Begini Sejarahnyailustrasi membaca buku nonfiksi (unsplash.com/Christina)

Membaca buku memberikan banyak manfaat untuk kita, lho. Manfaat ini tentunya dapat memberikan kita banyak ilmu pengetahuan sehari-hari, berikut ini manfaat membaca dilansir laman Kemdikbud:

1. Dapat mengurangi stress,

2. Menambah wawasan dan pengetahuan,

3. Dapat menstimulasi mental,

4. Dapat menambah kosakata

5. Dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi,

6. Dapat meningkatkan memori, dan

7. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif.

3. Cara memperingati Hari Anak Jakarta Membaca

24 Agustus Hari Anak Jakarta Membaca: Begini SejarahnyaIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Acara Hari Anak Membaca Jakarta biasanya diadakan oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Pusat. Acara ini juga biasa diadakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang ada di belahan daerah Jakarta.

Acara yang biasa diadakan dalam kegiatan Hanjaba, meliputi lomba mewarnai Kategori TK, lomba bercerita kategori SD, lomba baca puisi kategori SMP, lomba pidato bahasa Inggris kategori SMA/SMK, dan lomba sayembara menulis kategori mahasiswa/umum.

Baca Juga: 5 Tips mulai Membaca Novel Bahasa Inggris, Jangan Takut!

Nah, itu dia sejarah Hari Anak Jakarta Membaca yang diperingati setiap tanggal 24 Agustus. Peringatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya minat baca dan literasi anak.

Topik:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya