Terus Bangun Infastruktur, Pemerintah Pasang 900 PJU-TS untuk Malang

Wamen ESDM berharap PJU-TS dijaga

Malang, IDN Times - Sebagai wujud komitmen pemerintah dalam optimalisasi penggunaan anggaran untuk kepentingan rakyat, Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE terus mengembangkan infrastruktur, salah satunya pemasangan Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) pada 2019.

PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Lampu ini tidak hanya cocok digunakan pada jalan-jalan di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik PLN serta daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama daerah terpencil, tetapi juga dapat diaplikasikan di wilayah perkotaan seperti di kawasan jalan utama, kawasan perumahan, kawasan industri, dan fasilitas umum lainnya.

Sepanjang 2015-2018, Kementerian ESDM membangun PJU-TS sebanyak 27.524 titik, atau setara dengan jalan sepanjang 1.376 km. Adapun pada 2019 PJU-TS yang akan dibangun ialah 22.550 titik di 25 provinsi.

Rabu (16/10), di Desa Lesanpuro, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Wakil Menteri ESDM menyerahkan secara simbolis PJU-TS yang dibangun di Kabupaten dan Kota Malang. Wamen Arcandra berharap infrastruktur yang dibangun pemerintah tersebut dapat dijaga sehingga pemanfaatannya dapat berjalan baik dan berkesinambungan.

"Kementerian ESDM memberikan bantuan fasilitas umum berupa PJU-TS tolong dijaga. Ini adalah fasilitas kita bersama yang dibiayai dengan uang kita juga. Supaya bisa dijaga jangan sampai umur dari penerangan jalan umum ini beberapa bulan saja," tutur Arcandra.

Untuk memudahkan pemantauan dan pengawasan PJU-TS, Wamen Arcandra pun menyarankan agar PJU-TS diletakkan di dekat fasilitas umum atau sosial sehingga jika terjadi kerusakan dapat terpantau dengan baik.

1. Sebanyak 900 titik di Kota Malang dipasangi PJU-TS

Terus Bangun Infastruktur, Pemerintah Pasang 900 PJU-TS untuk MalangIDN Times/EBTKE

Pada kesempatan yang sama, Dirjen EBTKE FX Sutijastoto menjelaskan total PJU-TS yang dibangun di wilayah Malang pada 2019 sebanyak 900 titik, tetapi pada penyerahan simbolis ini hanya 600 titik yang diresmikan. PJU-TS tersebut tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Malang dengan total PJU-TS sebanyak 450 titik dan 4 kecamatan di Kota Malang dengan total PJU-TS sebanyak 150 titik.

"PJU-TS ini masih ada garansi tiga tahun dan ada pos pengaduan. Jika terdapat kerusakan PJU-TS, maka laporkan ke pos pengaduan selagi masih ada garansinya," ujar Dirjen Toto.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang mengungkapkan bahwa pembangunan 72 titik PJU-TS di Desa Lesanpuro sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat karena membantu kelancaran aktivitas warga dan mengurangi potensi kejahatan kriminal waktu malam hari. (RWS)

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya