UMKM Bakal Makin Berkembang dengan E-Commerce, Ini 5 Buktinya!

Pantesan e-commerce boomingbanget

Surakarta, IDN Times – Kemenkop dan UKM mendorong pelaku usaha KUMKM (Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah) memanfaatkan e-commerce atau perdagangan elektronik sebagai sarana pemasaran produknya.

1. E-Commerce dapat memperluas usaha UKM

UMKM Bakal Makin Berkembang dengan E-Commerce, Ini 5 Buktinya!IDN Times/Kemenkop

"Dengan e-commerce, kita sama saja dengan membuka cabang di banyak tempat sekaligus, jadi lebih efisien, dan praktis," ujar Asisten Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, Ir Herustiati, saat memberikan sambutan sekaligus membuka Bimbingan Penerapan E-Commerce Pemasaran Produk KUMKM, di Surakarta, Kamis (2/4/2018).

Bimbingan penerapan e-commerce itu diikuti sekitar 100 pelaku KUMKM di Surakarta. Selain pelatihan e-commerce, juga dilakukan bimbingan pengembangan desain produk kriya KUMKM.

2. Peminat e-commerce meingkat pesat

Herustiati merasa surprise dengan tingginya minat pelaku KUMKM dalam mengikuti bimbingan e-commerce ini. 

" Ini menunjukkan e-commerce sudah menjadi kebutuhan pelaku KUMKM dalam mengembangkan usahanya, tinggal bagaimana kita meningkatkan kapasitas SDM para pelaku UMKM ini khususnya di e-commerce ini," katanya.

Herustiati menegaskan, meski penetrasi pemasaran melalui perdagangan elektronik ini sangat penting, namun pelaku KUMKM diminta juga memperhatikan sisi hulu nya dalam hal ini proses produksi. Pasalnya, e-commerce akan percuma saja jika pelaku KUMKM tidak menjaga kualitas produk jualannya. 

Karena itu menurutnya, dalam konteks UKM naik kelas, harus ada pembinaan yang holistik (menyeluruh) dimulai dari hulu, middle sampai hilir.

3. Strategi hulu hilir untuk dorong UKM dengan e-commerce

"Kementerian Koperasi dan UKM khususnya di bidang pemasaran memiliki beberapa strategi dalam membina dan mengembangkan KUMKM dari hulu sampai hilir," katanya.

Herustiati menjelaskan, di bagian hulu, pembinaan dilakukan mulai dari kualitas, kontinuitas (keberlanjutan) dan kapasitas produksi, mutu desain, novasi teknologi sampai pengemasan (packaging).

Di bagian tengah (middle), Kementerian Koperasi dan UKM membimbing KUMKM untuk bisa mengakses pembiayaan produktif dari lembaga keuangan maupun KSP (Koperasi simpan Pinjam). 

Pembinaan di middle juga mencakup pembedayaan KUMKM, sertifikasi dan standisasi produk, hak merek dan hak cipta. 

Di bagian hilir, menurutnya Kemenkop dan UKM menfasilitasi KUMKM dalam hal promosi produk, baik didalam maupun luar negeri, melalui pameran.

Herustiati menambahkan, saat ini UMKM yang sudah go online mencapai 4 juta pelaku, atau masih sekitar separuh dari target pemerintah, 8 juta UMKM go online di 2019. Ia optimis kalau semua pihak melakukan kerja bareng dalam mengangkat UMKM untuk go online, target itu akan tercapai.

4. Lebih dari 3.000 jenis UMKM belum gunakan e-commerce

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta, Nur Haryani SE, MM mengatakan, pelaku KUMKM kota. 

Surakarta membutuhkan jejaring pasar yang lebih luas, dan itu bisa didapatkan di e-commerce.

Menurutnya, Surakarta memiliki sekitar 3.000 jenis produk UMKM dimana belum seluruhnya menggunakan e-commerce.

5. Pelaku UMKM butuh pendampingan

"Mungkin baru 40 persen saja yang sudah go online, namun pelaku UMKM disini sudah merasa e-commerce merupakan suatu kebutuhan," katanya. Itu tadi 5 hal tentang perkembangan UMKM di Indonesia, buat kamuyang udah punya UMKM sendiri, udah gabung dengan e-commerce belum?

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya