Warga Vietnam Tersangka Pembunuh Saudara Kim Jong-un Akhirnya Bebas

Kelanjutan kasus Kim Jong-nam pun jadi tanda tanya

Hanoi, IDN Times - Doan Thi Huong, warga Vietnam yang diadili karena terlibat pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-nam ternyata telah dibebaskan. Associated Press melansir pada Jumat (3/5/2019) jika Huong sudah keluar dari penjara dan akan terbang kembali ke Hanoi pada malamnya setelah mengurus keperluan imigrasi lebih dulu.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh sang pengacara, Hisyam Teh Poh Teik. Di sisi lain, Maridam Yacfar selaku penerjemah dari pihak kedutaan hanya menyebut sang klien tampak bahagia, kendati enggan memberi rincian lebih lanjut perihal kondisi terkini Huong.

Bebasnya wanita 30 tahun tersebut bisa jadi pertanda jika kasus Jong-nam berujung nihil. Sebelumnya, keempat warga Korea Utara yang disinyalir sebagai otak pembunuhan pada tahun 2017 ternyata tidak ditahan. Pemerintah Malaysia sendiri tak pernah menuduh Korea Utara terlibat dalam kasus ini, serta tidak ingin proses pengadilan berujung pada upaya politisasi.

1. Salah satu penjaga di Penjara Wanita Kajang, Malaysia, tempat Doan Thi Huong menjalani hukuman penjara sejak 2017

Warga Vietnam Tersangka Pembunuh Saudara Kim Jong-un Akhirnya BebasAP Photo/Vincent Thian

Pada proses persidangan, Huong mengaku bersalah atas tuduhan yang dialamatkan Kejaksaan Tinggi Malaysia terhadapnya. Dia kemudian dijatuhi hukuman penjara sejak ditangkap oleh pihak kepolisian, namun dibebaskan lebih cepat karena perilaku baik selama di penjara.

Huong sendiri menyusul Siti Aisyah yang sudah bebas pada Maret silam, setelah pihak pengadilan memutuskan membatalkan jerat hukum kepada yang bersangkutan, didahului lobi tingkat tinggi pemerintah Indonesia. Kedua wanita itu dituduh berkomplot dengan empat orang Korea Utara dalam usaha membunuh Kim Jong-nam dengan racun saraf VX yang berbahaya.

Zat tersebut dioleskan ke wajah Jong-nam yang tengah berada di ruang tunggu Bandara Internasional Kuala Lumpur, 13 Februari 2017. Mereka mengaku dijebak lantaran mengira ini adalah adalah aksi lelucon tak berbahaya (prank) untuk sebuah acara TV. Seluruh warga Korut yang terlibat diketahui melarikan diri di hari yang sama.

2. Huong bersama Siti Aisyah mengaku dijebak dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam

Warga Vietnam Tersangka Pembunuh Saudara Kim Jong-un Akhirnya BebasAP Photo/Vincent Thian

Pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat sudah berkali-kali menyebut jika rezim Kim Jong-un berada di balik tewasnya putra tertua mendiang Kim Jong-il, yang selama ini getol mengkritik pemerintahan dinasti keluarganya dari luar negeri. Pyongyang konsisten membantah tuduhan tersebut.

Dilansir oleh Reuters, pengacara Aisyah dan Huong selama persidangan menegaskan jika kliennya hanyalah 'umpan' dalam pembunuhan yang diatur oleh agen rahasia Korea Utara. Berkat alibi meyakinkan, ancaman hukuman gantung berhasil dihindari, berganti menjadi terungku selama 40 bulan.

Pemerintah Malaysia sendiri sempat mendapat kecaman dari sejumlah pihak lantaran menuduh kedua perempuan tersebut melakukan pembunuhan saat para otak utamanya masih berkeliaran.

3. Mobil yang diduga membawa Huong ke kantor imigrasi, wanita 30 tahun tersebut bakal terbang kembali ke Vietnam pada Jumat (3/5/2019) malam

Warga Vietnam Tersangka Pembunuh Saudara Kim Jong-un Akhirnya BebasAP Photo/Vincent Thian

Berbicara sebelum pembebasan Huong, Hisyam mengatakan sang klien sudah tak sabar kembali ke kampung halamannya. "Dia tersenyum sangat lebar. Dia ingin kembali ke rumah untuk bertemu keluarga dan teman-temannya," ujar Hisyam seperti dikutip dari AFP.

Wanita yang juga mantan pekerja di salon kecantikan tersebut rencananya bakal mengurus administrasi di kantor imigrasi kota Putrajaya, kemudian terbang menuju Vietnam pada malamnya.

Setelah persidangan bulan lalu, Huong sendiri sempat mengatakan kepada awak media jika dirinya punya niatan menekuni dunia tarik suara atau berakring begitu kembali menghidup udara segar.

Baca Juga: 5 Fakta Racun VX: Zat Pencabut Nyawa Kim Jong Nam!

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya