10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!

Mereka juga pernah menembak korban penculikan

FBI dibentuk untuk membantu melindungi masyarakat Amerika Serikat dari segala bentuk kejahatan, mulai dari teroris hingga penjahat keji yang ingin menyakiti warga tak bersalah. Tugas ini cukup berat, tetapi sebagian besar kasus mampu mereka selesaikan dengan baik. Keberhasilan mereka juga tak terlepas dari banyaknya wewenang dan uang pajak dari masyarakat. 

Meski demikian, FBI ternyata pernah membuat beberapa kesalahan besar. Namun, kesalahan mereka dianggap sangat bodoh hingga menuai kontroversi. Kesalahan mereka juga memengaruhi kehidupan orang yang tidak bersalah. Artikel ini akan memberikanmu perspektif atau gambaran FBI yang bisa saja berbeda dengan apa yang biasa kamu simak dalam film-film Hollywood. Lantas, apa saja kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat FBI?

1. Agen FBI menembak korban penculikan yang ingin mereka selamatkan

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!ilustrasi kriminal (IDN Times/Arief Rahmat)

Kisah menyedihkan ini dimulai ketika dua laki-laki bersenjata muncul di rumah Ulises Valladares di Texas pada 2018. Kedua penjahat ini meminta uang senilai 8 ribu dolar AS atau setara Rp119 juta kepada Valladares. Valladares tidak bisa memberikan uang tersebut karena dua penjahat itu mengikat dia dan putranya yang berusia 12 tahun. Akibatnya, mereka menggeledah rumah Valladares. Namun, karena tidak menemukan apa pun, mereka memutuskan untuk menculik dan membawa pergi Valladares beserta anaknya.

Dilansir laman KHOU, otak dari kejahatan ini kemudian menelepon saudara laki-laki Valladares dan meminta uang tebusan senilai 20 ribu dolar AS atau setara Rp299 juta. Namun, saudara laki-laki Valladares tidak mau memberikan uang tersebut. Kerabat Valladares setuju untuk melaporkan penculikan ini kepada FBI.

FBI berhasil menemukan lokasi para penjahat dan korban yang ditahan. Akan tetapi, saat agen FBI mendatangi tempatnya, mereka malah menembak dan membunuh orang yang seharusnya mereka selamatkan, atau Valladares sendiri, yang saat itu masih terikat di bangku. Agen FBI mengklaim bahwa mereka tidak sengaja menembak korban karena ruangan itu gelap.

2. Mengedit foto orang lain untuk dijadikan poster buronan teroris

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!potret Gaspar Llamazares (kiri)hasil foto editan Gaspar Llamazares yang digabungkan dengan Osama Bin Laden (commons.wikimedia.org/CAO - Conceyu Abiertu pola Oficialidá/FBI)

FBI masih menggunakan foto dari 1998 pada poster buronan Osama bin Laden pada 2010. Banyak yang menganggap bahwa wajah Osama bin Laden sudah jauh berbeda. Oleh sebab itu, agen FBI mencari foto di Google yang menurut mereka mirip dengan Osama bin Laden.

Mereka lantas mengunduh foto seorang politisi Spanyol bernama Gaspar Llamazares. Foto Llamazares kemudian diedit dengan sedikit menggabungkan foto Osama bin Laden agar menghasilkan foto Osama bin Laden pada usia tua. Hasilnya pun tak terduga dan terlihat aneh. Aksi FBI ini menjadi kontroversial. 

Llamazares yang mengetahui bahwa fotonya diedit sebagai buronan teroris lantas marah. Dia mengatakan pada konferensi pers melalui BBC, bahwa FBI tidak punya malu dan ia tidak percaya lagi dengan Amerika. Dia juga merasa tidak aman jika bepergian karena takut jika ada orang yang ingin membunuhnya. 

3. Penyamaran yang gagal

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!ilustrasi menelepon (unsplash.com/Jelle van Leest)

Menurut dokumen pengadilan yang diterbitkan oleh Real Clear Life, FBI mencium aksi radikal Everitt Jameson, seorang laki-laki yang tertarik dengan ISIS. Hal ini diketahui dari unggahan-unggahan radikalnya di media sosial. Untuk menyelidikinya lebih lanjut, agen FBI menyamar sebagai teroris dengan mengunggah kalimat tentang jihad dan video yang menampilkan ledakan bom.

Jameson sangat antusias dan mulai berteman dengan agen FBI yang menyamar tersebut. Tidak butuh waktu lama, dia lalu mengungkapkan keinginannya kepada teman barunya itu bahwa dia ingin melakukan bom bunuh diri di San Francisco. Akan tetapi, seminggu sebelum melakukan serangan yang direncanakan, ada kesalahan yang dilakukan agen FBI.

Seorang pegawai FBI secara tidak sengaja menelepon ponsel Jameson dari nomor dengan kode area Washington DC. Saat Jameson mengangkat telepon tersebut, pegawai FBI itu menutup teleponnya. Namun, Jameson menelepon balik dan dia mendengar rekaman pesan suara dengan nama pegawai FBI tersebut.

Terbongkarlah sudah. Jameson akhirnya mengetahui bahwa dia sedang dimata-matai FBI. FBI lalu mendatangi rumahnya dan menangkapnya lebih cepat dari yang direncanakan. Peristiwa ini dianggap sebagai kecerobohan FBI yang sungguh memalukan.

4. FBI menggunakan gambar wajah turis untuk poster buronan bos mafia

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!foto mugshot Whitey Bulger pada 1956 di Penjara Federal USP Atlanta (commons.wikimedia.org/USP Atlanta photographic records/Uncredited prison photographer)

Whitey Bulger adalah bos mafia asal Boston. Bulger sendiri menjadi buronan FBI selama bertahun-tahun karena aksi penipuan dan kejahatannya. Dilansir The New York Times, Bulger dicari karena 18 tuduhan pembunuhan dan dianggap berbahaya oleh FBI. Bulger diduga melarikan diri bersama pacarnya.

Namun, FBI salah mengidentifikasi Bulger dengan menerbitkan poster buronan dari wajah seorang turis Jerman dan istrinya yang sedang berlibur di Sisilia. Mereka menyangka kalau orang itu adalah Whitey Bulger. Beberapa pihak langsung menyadari kekeliruan tersebut. Seorang penulis untuk Boston Magazine menunjukkan bahwa gambar itu tidak mirip seperti wajah Bulger. Hal ini terlihat jelas dari perbedaan rambutnya.

Terlepas dari kenyataan bahwa FBI salah mengidentifikasi Bulger, pasangan asal Jerman itu menghindari deteksi FBI selama berbulan-bulan, mungkin karena takut mengapa mereka diintai FBI. Mereka juga baru tahu gambar poster itu saat menonton America's Most Wanted versi Jerman. Hebatnya, mereka akhirnya menyerahkan diri kepada pihak berwenang. Saat itulah, FBI menyadari bahwa mereka (FBI) melakukan kesalahan.

5. Meninggalkan dokumen sensitif di rumah yang dianggap FBI sebagai terduga tersangka

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!ilustrasi dokumen (unsplash.com/Bruno Fernandes)

Pada 2010, FBI menggerebek beberapa rumah aktivis antiperang di Minneapolis. Namun, mereka tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan di sana. Beberapa bulan kemudian, Mick Kelly dan istrinya, Linden Gawboy, menemukan beberapa dokumen milik agen FBI yang tertinggal di rumah mereka.

MPR News melaporkan bahwa dokumen-dokumen ini menyertakan informasi yang sangat sensitif. Sampai-sampai, pengacara Kelly dan Gawboy menyarankan untuk tidak merilis apa isi dokumen itu. Namun, lima halaman dari dokumen itu bocor. Di sana tertulis bahwa Kelly dianggap berbahaya karena memiliki senjata api. Di halaman lain, tertulis 102 pertanyaan interogasi untuk pasangan tersebut, seperti menanyakan tentang kelompok mereka, pemimpin, struktur, dan tujuannya.

FBI akhirnya menganggap bahwa mereka tidak berbahaya. FBI sudah tahu bahwa senjata itu digunakan Kelly untuk hobi latihan menembaknya di lapangan tembak resmi. Selain itu, FBI juga meninggalkan foto-foto yang telah mereka telusuri dan dua artikel tentang riwayat perjalanan aktivis lainnya.

Baca Juga: Sejarah Suku Navajo yang Termasuk Suku Terbesar di Amerika

6. FBI memiliki tunggakan tagihan telepon

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!ilustrasi telepon (unsplash.com/Quino Al)

Faktanya, FBI memiliki tunggakan tagihan telepon, lho. Kok bisa? Mereka bahkan menolak untuk membayar saluran telepon yang penting, seperti penyadapan telepon dan operasi pengumpulan-intelijen lainnya. Sebuah laporan pada 2008 melalui ABC News menemukan bahwa dari 990 pembayaran untuk ponsel yang digunakan dalam pengawasan, lebih dari setengahnya tidak dibayar tepat waktu.

Pada satu waktu, FBI bahkan pernah berutang 66 ribu dolar AS atau setara Rp991 juta dalam biaya telekomunikasi untuk aktivitas pengawasan. Namun, salah satu faktor mengapa hal ini terjadi karena FBI belum memperbarui sistem manajemen keuangannya sejak 1980-an. Bahkan, ada yang menggunakan sistem ini untuk mencari keuntungan. Istilahnya penggelapan dana.

7. Mengaku mendukung keragaman, tapi FBI memecat agennya yang keturunan suku Indian

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!ilustrasi keragaman di tempat kerja (unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com)

Situs web ketenagakerjaan FBI memiliki satu halaman khusus yang ditujukan untuk masalah keragaman. FBI membutuhkan orang-orang dari berbagai latar belakang, pengalaman, dan perspektif. Tujuannya, agar semua orang dan gagasan yang beragam ini memperkuat agensi dan membantu FBI mencapai potensi yang unggul. Akan tetapi, pada 2007, FBI hanya memiliki sedikit staf dari penduduk asli Amerika. Mengapa?

Dikutip laman The Washington Post, Agen Khusus FBI bernama Elizabeth Morris disorot karena dia dipecat dari FBI karena menganggap bahwa atasannya rasis. Meskipun dipecat, foto dirinya yang dijadikan sampul depan untuk promosi keragaman dalam situs FBI masih digunakan. Morris sendiri mengaku bahwa FBI tidak sungguh-sungguh mendukung keragaman dari latar belakang, pengalaman, dan perspektif yang berbeda.

9. Mobil mewah miliaran rupiah yang rusak karena kecerobohan agen FBI

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!potret Ferrari (unsplash.com/Joshua Adams)

Tom Baker adalah kolektor mobil mewah yang sering melakukan penipuan. Dia pernah mencuri mobil mewah dari dealer, pura-pura mengetes mobil itu, lalu membawanya pergi. Pada 2003, ia mengambil Ferrari F50 keluaran 1996, 1 dari hanya 50 jenis di AS. Namun, FBI berhasil menemukannya. Mobil itu lalu diamankan.

The Seattle Times melaporkan bahwa pada 2009, agen FBI, Fred Kingston, mengajak asisten pengacara AS, J Hamilton Thompson, untuk mengendarai mobil mewah itu. Saat baru saja meninggalkan tempat parkir dan mengitari tikungan, mobil mewah itu melompati trotoar dan menabrak pohon. Kedua orang itu baik-baik saja, tetapi mobilnya rusak total.

Departemen Kehakiman mengatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas klaim asuransi 750 ribu dolar AS atau setara Rp11,2 miliar. Mereka juga menolak untuk mengungkapkan hampir semua dokumen yang terkait dengan kecelakaan itu. Jadi, tidak diketahui apakah itu sengaja dipindahkan karena alasan yang resmi atau memang sekadar "iseng".

8. Agen FBI yang menikah dengan teroris ISIS

10 Kesalahan FBI Ini Bikin Geleng Kepala, Ada yang Menikahi Teroris!ilustrasi pernikahan (IDN Times/Mardya Shakti)

Dilansir laporan The Telegraph, jihadis asal Jerman bernama Denis Cuspert dulunya adalah seorang rapper yang dikenal dengan sebutan Deso Dogg. Akan tetapi, dia bergabung dengan ISIS dan menjadi salah satu perekrut top mereka. Denis Cuspert pernah muncul dalam sebuah video. Di situ, dia mengancam Presiden Barack Obama sambil mengangkat kepala yang terpenggal.

Sementara itu, agen FBI bernama Daniela Greene dipercaya FBI untuk memata-matai Cuspert di media sosialnya. Setelah berkenalan dan berteman dengan Denis Cuspert melalui media sosial, pada 2014 Greene nekat bertemu dengan teroris itu di Istanbul. Greene jatuh cinta dengan laki-laki itu. Mereka akhirnya menikah dan kemudian pergi ke Suriah.

Rencana memata-matai Cuspert berhasil, tetapi Greene terjebak dalam situasi yang sulit. Dua minggu kemudian, Greene mengirim surel kepada FBI dan mengakui bahwa dia telah melakukan kesalahan besar. Greene mengatakan, "Saya lemah dan tidak tahu bagaimana menangani semua ini. Saya benar-benar membuat kekacauan kali ini." Greene berhasil keluar setelah beberapa bulan di Suriah. Setibanya di Amerika, dia dijatuhi hukuman 2 tahun atas tuduhan terorisme.

10. Tingkah laku konyol agen FBI yang justru mencelakakan orang lain

https://www.youtube.com/embed/cfqwMQ5DNVQ

Mengutip laman CNN, agen FBI yang tidak disebutkan namanya berada di sebuah bar di Denver pada Juni 2018. Di sana, dia menari di lingkaran dansa dan langsung menarik perhatian banyak orang. Saat jungkir balik, senjatanya jatuh ke lantai dan membuat takut semua orang. Dia lantas mencoba mengambil pistolnya, tapi tanpa sengaja menembak kaki seseorang. 

Mungkin dari kamu masih tidak menyangka kalau lembaga sekelas FBI melakukan kesalahan yang ringan, konyol, hingga fatal. Namun, faktanya memang begitu adanya. Terlepas dari semua kesalahan-kesalahan ini, sepatutnya kita menyadari bahwa memang tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk FBI yang digambarkan sangat keren dalam film. Mereka juga adalah manusia biasa yang bisa saja melakukan kesalahan. Jadi, dari fakta-fakta tadi, mana yang paling membuatmu tercengang? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Sejarah Pilu Penduduk Asli Amerika pada Abad Ke-19

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya