Dubai Banjir Usai Hujan Lebat Mengguyur UEA, Bandara Sempat Lumpuh

Pengoperasian bandara sempat dihentikan

Jakarta, IDN Times - Hujan lebat mengguyur Uni Emirat Arab pada Selasa (16/4/2024) hingga membanjiri sebagian jalan raya dan bandara internasional di negara gurun itu.

Hujan lebat yang mengguyur Dubai merupakan fenomena langka bagi negara gurun tersebut setelah hampir satu setengah abad negara tersebut tidak pernah menerima hujan.

Curah hujan yang mengguyur Dubai bahkan bisa mencapai 142 milimeter dan membasahi negara tersebut selama 24 jam. Di bandara, genangan air mengalir di jalur taksi saat pesawat mendarat.

Bandara tersebut akhirnya menghentikan kedatangan pada Selasa malam dan para penumpang kesulitan mencapai terminal karena banjir menutupi jalan-jalan di sekitarnya.

1. Bandara Dubai sempat berhenti beroperasi

Dubai Banjir Usai Hujan Lebat Mengguyur UEA, Bandara Sempat Lumpuhilustrasi kaca mobil berembun saat hujan deras (unsplash.com/Kiarash Mansouri)

Bandara Dubai sempat berganti beroperasi selama hampir setengah jam akibat hujan lebat yang mengguyur negara itu karena operasi terganggu.

Otoritas bandara menyatakan, jalan akses menuju bandara juga mengalami banjir besar akibat hujan mengguyur selama 24 jam penuh di negara gurun itu.

“Ada banjir besar di jalan akses sekitar Dubai menuju bandara,” kata salah seorang petugas bandara melansir CNN, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga: Banjir di Tanzania Sebabkan 58 Orang Tewas

2. Sejumlah sekolah tutup hingga pegawai WFH

Dubai Banjir Usai Hujan Lebat Mengguyur UEA, Bandara Sempat Lumpuhilustrasi kaca mobil berembun saat hujan deras (unsplash.com/Alexandra Mirgheș)

Petir menyambar di langit Dubai hingga sesekali menyentuh ujung Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia. Akibat badai besar ini, otoritas setempat akhirnya menutup sekolah-sekolah.  Adapun, sebagian besar pegawai pemerintah harus bekerja dari jarak jauh (WFH) jika dimungkinkan.

Air mengalir ke beberapa rumah hingga memaksa warga untuk menyelamatkan rumah mereka. Pihak berwenang pun berupaya mengirimkan truk dan tangki untuk memompa genangan air di jalanan Dubai.

Otoritas setempat juga mencatat adanya lansia berusia 70 tahun di Ras Al-Khaimah, emirat paling utara negara itu tewas setelah kendaraannya tersapu banjir.

Pusat Meteorologi Nasional UEA mengeluarkan peringatan cuaca untuk sebagian besar wilayah negara tersebut, termasuk Abu Dhabi, Dubai dan Sharjah.

Baca Juga: Momen Atta Halilintar dan Azriel Kebanjiran di Dubai, Dibuat Terkejut!

3. Sebanyak 18 orang tewas akibat hujan deras di Oman

Dubai Banjir Usai Hujan Lebat Mengguyur UEA, Bandara Sempat Lumpuhunplash.com/reza shayestehpour

Hujan lebat tidak hanya mengguyur Dubai, tapi juga negara tentangganya, Oman. Hujan lebat di negara ini bahkan menelan korban hingga 18 orang.

Komite Nasional Manajemen Darurat Oman mencatat dari 18 orang yang menjadi korban di antaranya adalah 10 orang siswa berusia antara 10 dan 15 tahun.

Mereka tewas ketika kendaraan yang mereka tumpangi berusaha melintasi daerah banjir.

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya