Israel Sedang Pertimbangkan Serangan Balasan Terhadap Iran

Israel waspada tinggi atas serangan rudal Iran

Jakarta, IDN Times - Kabinet perang Israel menggelar rapat untuk mempertimbangkan balasan apa yang dapat dilakukan setelah dibombardir oleh Iran melalui serangan udara sejak akhir pekan lalu pada Senin (15/4/2024) kemarin.

Sampai hari ini, Israel masih belum mengungkapkan balasan yang akan mereka ambil untuk membalas serangan rudal dan pesawat nirawak (drone) oleh Iran akhir pekan ini.

Namun, Kepala Staf Militer Israel, Letjen Herzi Halevi menyatakan, serangan Iran terhadap negaranya tidak akan dibiarkan begitu saja.

“Lihatlah, seiring dengan harapan kita, kita mempertimbangkan langkah-langkah kita, dan peluncuran begitu banyak rudal, rudal jelajah, UAV ke wilayah Negara Israel akan mendapat tanggapan,” kata Letjen Herzi Halevi sebagaimana dilansir BBC, Selasa (16/4/2024).

1. Netanyahu bersumpah negaranya akan menang

Israel Sedang Pertimbangkan Serangan Balasan Terhadap IranMenteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (kiri) saat bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem pada 19 Maret 2024. (mfa.gov.sg)

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu bersumpah bahwa negaranya akan menang. Kendati ucapan itu belum dapat ditafsirkan apakah Israel akan melakukan serangan balasan ke Teheran.

Adapun, serangan rudal oleh Iran ini merupakan serangan balasan setelah Israel menyerang kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024 lalu. Dalam serangan itu, tujuh perwira dan komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran tewas meski dibantah oleh Israel.

Militer Israel mengklaim, serangan rudal oleh Iran hanya menimbulkan sedikit kerusakan. Salah satu yang mendapatkan dampak dari serangan itu adalah Pangkalan Udara milik Israel. Kendati, otoritas setempat menegaskan bahwa pangkalan udara miliknya masih berfungsi.

Baca Juga: Biden ke Netanyahu: Hati-hati Tanggapi Iran

2. Menhan Israel minta negaranya waspada

Israel Sedang Pertimbangkan Serangan Balasan Terhadap Irandrone Shahed-149 milik Iran (Wikimedia Commons/Mehrdad Esfahani)

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan dampak kerusakan yang ditimbulkan atas serangan rudal itu sangat sedikit.

Kendati, Gallant memerintahkan supaya Israel tetap waspada atas serangan-serangan lanjutan yang akan terjadi.

"Sangat sedikit kerusakan yang ditimbulkan. Tetap waspada,” imbuhnya.

Baca Juga: Israel Desak PBB Jatuhkan Sanksi ke Iran 

3. PBB mengutuk keras serangan rudal Iran ke Israel

Israel Sedang Pertimbangkan Serangan Balasan Terhadap IranSuasana pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB. (dok. X @UN)

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres mengutuk keras serangan rudal yang dilakukan Iran terhadap Israel akhir pekan ini.

Dia menyerukan supaya permusuhan dua negara itu segera dihentikan. Menurutnya, dunia sudah tidak mampu lagi melakukan perang.

“Mengutuk keras eskalasi serius yang ditunjukkan oleh serangan skala besar yang diluncurkan terhadap Israel oleh Iran,” ujar dia.

“Baik kawasan ini maupun dunia tidak mampu melakukan perang lagi,” dia memperingatkan.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya