KJRI Sydney Gelar Halal Bihalal, Ajak Diaspora Perkuat Persatuan

Halal bihalal Idul Fitri dihadiri warga negara sahabat ASEAN

Jakarta, IDN Times – Konsul Jenderal RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana mengajak semua pihak mengenyampingkan perbedaan yang ada. Bulan Syawal, menurut dia, momen yang sangat baik untuk merekatkan persaudaraan antarsesama.

Konjen Vedi menggunakan kesempatan tersebut untuk menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1445 H, dan mohon dibukakan pintu maaf.

"Di bulan spesial ini, kita lupakan perbedaan-perbedaan. Kita cari kesamaan dan hal-hal positif yang menjadikan kita manusia yang lebih baik," katanya, dalam acara halal bihalal dan silaturahmi Idul Fitri 1445 Hi bersama masyarakat dan diaspora Indonesia, di Wisma Indonesia, Sydney, Rabu, (10/4/2024).

Konjen Vedi menyebut pesan utama dan terpenting dalam halal bilhalal dan silaturahmi tersebut adalah memperkokoh persatuan, meski kita berada di negeri orang. 

"Melupakan perbedaan dan fokus mencari persamaan, adalah kunci utama untuk memelihara persatuan dan saling menguatkan," ungkapnya.

Baca Juga: Zat Radioaktif Ditemukan dalam Rumah di Sydney, Penghuni Diobservasi

1. Halal bihalal dihadiri perwakilan negara sahabat ASEAN

KJRI Sydney Gelar Halal Bihalal, Ajak Diaspora Perkuat PersatuanHalal bihalal dan silaturahmi Idul Fitri 1445 Hi bersama masyarakat dan diaspora Indonesia, di Wisma Indonesia, Sydney, Rabu, (10/4/2024). (Dok.KJRI Sydney)

Acara halal bihalal KJRI Sydney, selain dihadiri oleh seluruh staf KJRI, masyarakat dan diaspora Indonesia, dihadiri juga oleh mitra kerja KJRI, perwakilan negara sahabat khususnya negara ASEAN dan organisasi kemasyarakatan setempat di NSW antara lain Australia Indonesia Association (AIA) dan Darul Fatwa Australia.

Salah satu masyarakat Indonesia yang hadir dalam acara halal bihalal ini mengatakan, tradisi wajib selama Lebaran di Sydney adalah tetap melaksanakan salat Eid bersama keluarga dan teman-teman.

"Alhamdulillah, KJRI Sydney kembali menyelenggarakan halal bihalal pada momen Idulfitri kali ini dengan masyarakat dan diaspora Indonesia. Jadi tentu tidak kami lewatkan" ungkapnya.

2. Berbagai kuliner dihidangkan dalam acara halal bihalal

KJRI Sydney Gelar Halal Bihalal, Ajak Diaspora Perkuat PersatuanHalal bihalal dan silaturahmi Idul Fitri 1445 Hi bersama masyarakat dan diaspora Indonesia, di Wisma Indonesia, Sydney, Rabu, (10/4/2024). (Dok.KJRI Sydney)

Dalam acara halal bihalal kali ini, KJRI Sydney menyajikan berbagai kuliner khas Nusantara antara lain bakso, ketupat sayur, rendang dan opor ayam. Hal ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di perantauan.

Muhammad Atif, mahasiswa semestar akhir di Sydney jurusan Aviasi merasa tengah merayakan bersama keluarga di Indonesia saat menghadiri acara halal bihalal di KJRI.

"Iya, interaksi kami sesama undangan sangat nyaman dan menyenangkan," uarnya.

Baca Juga: Eks Menlu Australia Ditunjuk Jadi Utusan PBB untuk Myanmar 

3. Kemenag tetapkan 1 Syawal 10 April 2024

KJRI Sydney Gelar Halal Bihalal, Ajak Diaspora Perkuat PersatuanSidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1445 H pada Rabu 10 April 2024. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, keputusan tersebut merupakan hasil dari Sidang Isbat yang menggunakan dua metode yakni hisab dan rukyat.

"Pemerintah melalui Kementrian Agama selalu menggunakan dua metode awal bulan qomariyah yang saling melengkapi. Hisab sifatnya informatif (sedangkan) rukyat konfirmasi," kata Gus Yaqut.

Baca Juga: KJRI Sydney Bantu Proses Pemulangan Jasad WNI Tertimpa Pohon

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya