TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Joe Biden Jadi Presiden Terpilih AS, Tiongkok Akhirnya Ucapkan Selamat

Tiongkok menjawab spekulasi soal seteru dengan AS

Presiden AS Joe Biden (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Tiongkok akhirnya secara resmi mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Kamala Harris.

"Tiongkok selalu mengikuti perkembangan domestik AS dan reaksi internasional terhadap Pemilihan Presiden AS," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin, seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: 10 Perintah Eksekutif Joe Biden Soal Perubahan Iklim

1. Tiongkok menjawab spekulasi soal seteru dengan AS

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, memberikan pidato setelah terpilih pada Jumat (17/07) lalu.

Ucapan ini menjawab spekulasi yang berkembang soal seteru Tiongkok dengan AS. Saat Donald Trump terpilih menjadi Presiden AS pada November 2016, Presiden Tiongkok Xi Jinping langsung mengucapkan selamat kepada Trump.

Xi Jinping bahkan mengucapkan selamat melalui telepon, beberapa saat setelah Trump dinyatakan menang dalam penghitungan suara.

2. Tiongkok juga menanti hasil penghitungan suara yang sah

Calon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Beberapa media di luar Tiongkok berspekulasi bahwa terpilihnya Biden tidak sesuai dengan harapan Beijing. Namun, hal itu dibantah oleh Wang karena masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait hasil penghitungan surat suara.

"Kami bisa mengerti hasil pemilu akan ditentukan berdasarkan prosedur dan undang-undang di AS," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Kemenangan Joe Biden-Kamala Harris

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya