TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kunjungan Menlu Iran ke Venezuela Tingkatkan Relasi Kedua Negara

Perkuat solidaritas Iran-Venezuela

Menlu Iran saat bertemu Presiden Venezuela, Nicholas Maduro. twitter.com/JZarif/

Caracas, IDN Times - Pada hari Kamis (05/10) Menteri Luar Negeri Iran, Muhammad Javad Zarid melakukan kunjungan kenegaraan ke Venezuela. Rencana kunjungan tersebut untuk meningkatkan hubungan kedua negara yang sama-sama mendapat tekanan dari Pemerintah Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump. 

Selain mengunjungi Venezuela, Menlu Iran nantinya juga akan mengunjungi beberapa negara sekutunya di Amerika Latin, seperti Kuba dan Bolivia.

1. Mengawali tur Menlu Iran di Amerika Latin

Presiden Venezuela, Nicholas Maduro ketika bertemu dengan Menlu Iran, Javad Zarif. twitter.com/NicolasMaduro/

Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif mengawali tur Amerika Latinnya di Venezuela dengan menemui Presiden Nicolas Maduro. Kemudian dirinya akan mengunjungi Kuba sekaligus menghadiri inagurasi presiden baru Bolivia, Luis Arce. 

Teheran selama ini menjadi sekutu krusial bagi Caracas setelah adanya sanksi ketat terhadap pemerintahan Presiden Nicolas Maduro, agar memaksanya untuk mundur dari kekuasaan, dikutip dari Arab News

Baca Juga: Presiden Iran: AS Tidak Bisa Bernegosiasi dan Berperang Melawan Iran

2. Hubungan antara Iran dan Venezuela saat ini berada di puncak

Melansir dari Reuters, Iran kini menjadi sekutu utama dari Venezuela di tengah himpitan sanksi finansial dan internasional. Hingga negara kaya minyak tersebut justru harus mengalami kebangkrutan industri minyak, sehingga Maduro terpaksa harus membeli minyak dari Iran untuk menyuplai kebutuhan negaranya.

Menteri Luar Negeri Venezuela, Jorge Arreaza juga mengatakan apabila hubungan antara Iran dan Venezuela saat ini sedang ada di puncak. Selain itu, nantinya Venezuela akan membeli persenjataan dari Iran apabila dibutuhkan.

Baca Juga: Iran Klaim Kemenangan Atas AS dalam Embargo Senjata PBB

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya