TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Joe Biden Gelar Pertemuan Pertama Lewat Virtual Bersama PM Kanada

Seringkali, Kanada menjadi tujuan pertama Presiden AS

Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, lewat pertemuan virtual pada hari Selasa, 23 Februari 2021, waktu setempat. (Twitter.com/potus)

Washington, D.C, IDN Times - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, untuk pertama kalinya menggelar pertemuan virtual dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, pada hari Selasa, 23 Februari 2021, waktu setempat. Seringkali, Kanada menjadi tujuan pertama Presiden Amerika Serikat di awal-awal masa menjabat. Apa yang dibicarakan kedua pemimpin ini?

1. Kedua pemimpin ini membahas Tiongkok dan situasi iklim

Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, lewat pertemuan virtual pada hari Selasa, 23 Februari 2021, waktu setempat. (Twitter.com/justinpjtrudeau)

Dilansir dari BBC, kedua pemimpin ini membahas masalah Tiongkok dan situasi iklim saat ini. Mengenai masalah Tiongkok, salah satu masalah utama bagi kedua pemimpin adalah penahanan Tiongkok terhadap dua warga negara Kanada, yang telah dituduh sebagai mata-mata dan ditahan sejak tahun 2018 lalu. Kanada menuduh bahwa orang-orang itu ditangkap sebagai pembalasan atas penangkapan eksekutif Huawei, Meng Wanzhou, melalui surat perintah dari Amerika Serikat. Menyerukan pembebasan mereka dalam sambutannya setelah pertemuan tersebut, Biden mengatakan bahwa manusia tidak menukar chip dan pihaknya akan bekerja sama sampai mendapatkan mereka bisa kembali dengan selamat.

Lain halnya dengan masalah situasi iklim saat ini, Trudeau dalam sambutannya mengkritik pemerintahan Amerika Serikat sebelumnya melalui Presiden saat itu, Donald Trump, dan juga berterima kasih kepada Biden karena telah melangkah lebih maju. Trudeau juga menambahkan saat pihaknya mempersiapkan peluncuran bersama dan komunikatif, itu bagus ketika Amerika Serikat tidak menarik semua referensi untuk perubahan iklim. Biden kemudian mengatakan bahwa Ameirka Serikat dan Kanada akan bekerja berbarengan untuk menunjukkan keseriusan terhadap perubahan iklim, baik di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Joe Biden Segera Umumkan Bantuan untuk Upaya Vaksin COVID-19 Global

2. Ini merupakan pertemuan virtual resmi pertama yang diadakan di Gedung Putih

Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, lewat pertemuan virtual pada hari Selasa, 23 Februari 2021, waktu setempat. (Twitter.com/justinpjtrudeau)

Pertemuan yang digelar secara jarak jauh ini belum tentu bagaimana Biden, yang mengutamakan pengembangan hubungan pribadi dengan mitra dari negara-negara luar, mungkin lebih memilih untuk melakukan debutnya dalam keterlibatan bilateral. Tetapi dengan perbatasan Amerika Serikat-Kanada masih ditutup dan pemerintah bermaksud untuk membuat model panduan selama pandemi COVID-19 sendiri, pertemuan secara virtual harus dilakukan. Gagasan bertemu dari jarak jauh bukanlah hal baru bagi sebagian besar orang Amerika Serikat, akan tetapi di era Trump justru mengabaikan pedoman protokol kesehatan dan terus menyambut para pemimpin asing di tengah pandemi secara langsung.

Pertemuan dengan Trudeau sendiri merupakan pertemuan secara virtual resmi pertama yang dilakukan sepanjang sejarah di Gedung Putih. Perangkap diplomasi secara virtual ketika para pemimpin dunia G7 bertemu melalui konferensi video. Pejabat senior administrasi Ameirka Serikat mengatakan mereka ingin mengangkat acara pertemuan Joe Biden dengan Justrin Trudeau menjadi sesuatu yang mempertemukan para pemimpin tingkat tinggi, dengan mempertahankan keagungan kunjungan resmi dari seorang pemimpin asing.

Baca Juga: Joe Biden Akhirnya Batalkan Larangan Aborsi

Verified Writer

Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya