TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Black Box Pesawat China Eastern Airlines Telah Ditemukan

Tim pencari berhasil menemukan black box

Pesawat China Eastern Airlines (ANTARA/Fikri Yusuf)

Jakarta, IDN Times - Setelah melakukan pencarian selama dua hari penuh, otoritas penerbangan China mengumumkan bahwa black box atau kotak hitam pesawat China Eastern Airlines, yang jatuh di bukit terpencil di provinsi Guangxi, sudah berhasil ditemukan.

Baca Juga: Fakta-Fakta Boeing 737, Pesawat China Eastern Airlines yang Jatuh

1. Xi Jinping kerahkan seluruh tim untuk melakukan misi pencarian dan penyelamatan

ilustrasi black box (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Pada Senin (21/3/2022), pesawat Boeing 737-800 penerbangan China Eastern Airlines jatuh di daerah bukit provinsi Guangxi. Sekitar 123 penumpang dan 9 kru pesawat hingga kini masih belum berhasil ditemukan.

Kecelakaan ini merupakan kecelakaan pesawat paling fatal di China selama 20 tahun terakhir.

Presiden Xi Jinping meminta penyelidikan penuh dan mengutus tim penyelamat, prajurit, pakar, dan sejumlah teknisi ke lokasi jatuhnya pesawat.

Mereka menyusuri daerah hutan Wuzhou demi menemukan black box di tengah-tengah puing dan serpihan pesawat yang sudah terbakar habis.

2. Black box berhasil ditemukan

Pesawat China Eastern Airlines (ANTARA/Fikri Yusuf)

Meski tak ditemukan korban selamat, pada Rabu (23/3/2022) mereka akhirnya menemukan black box, yang bisa memberikan informasi krusial mengenai penyebab jatuhnya pesawat.

Sebagai informasi, black box merekam seluruh aktivitas dan komunikasi di dalam pesawat, sehingga bisa menungkap penyebab kecelakaan. 

Kendati begitu, belum diketahui bagaimana kondisi kotak hitam dan apakah yang ditemukan adalah CVR (rekaman suara di dalam kokpit) atau FDR (rekaman data penerbangan), dilansir NPR

Baca Juga: China Eastern Airlines Setop Penerbangan Boeing 737-800

Writer

Dini Atika

... :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya