TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

11 Juli Hari Populasi Sedunia: Begini Sejarahnya

Meningkatkan kesadaran publik akan populasi dunia

Ilustrasi populasi (Pixabay.com/geralt)

Hari Populasi Seunia atau World Population Day diperingati setiap tanggal 11 Juli. Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah populasi di dunia yang terus meningkat dengan laju pertumbuhan yang cepat.

Pertumbuhan ini diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya. Padatnya populasi di dunia akan menimbulkan berbagai masalah, seperti kemiskinan, kriminalitas, pengangguran, dan pelayanan yang kurang memadai. 

Nah, agar masyarakat lebih sadar dan peduli dengan populasi, PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) menetapkan Hari Populasi Dunia setiap tanggal 11 Juli. Terbentuknya peringatan ini memiliki sejarah yang cukup penting, yakni sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Negara Ini Diprediksi Mengalami Penurunan Populasi, Kenapa, ya?

1. Sejarah Hari Populasi Sedunia

Ilustrasi hari populasi (Pixabay.com/KELLEPICS)

Dilansir laman PBB, Dewan Program Pembangunan PBB menetapkan tanggal 11 Juli sebagai World Population Day atau Hari Populasi Dunia pada tahun 1989. Peringatan pertama dilaksanakan pada 11 Juli 1990 yang dirayakan lebih dari 90 Negara.

Hari peringatan ini ditetapkan berdasarkan Resolusi 45/216 pada Desember tahun 1990. Hari Populasi Dunia diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah yang timbul akibat padatnya populasi di dunia.

2. Cara merayakan Hari Populasi Sedunia

Ilustrasi populasi (Pixabay.com/geralt)

Untuk merayakan Hari Populasi Dunia, kamu bisa menjalankan program Keluarga Berencana (KB), yakni dua anak lebih baik. Program ini dapat meningkatkan kesadaran peningkatan populasi yang semakin berkembang pesat.

Selain itu, kamu juga bisa menulis di media sosial mengenai masalah populasi dan langkah-langkah yang dapat menekan peningkatan populasi di dunia. Setiap harus mengetahui dampak dari over populasi.

Baca Juga: 12 Mei Hari Perawat Internasional: Ini Sejarahnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya