AS Hadiri Pertemuan di China untuk Bahas Afghanistan

Menlu Retno Marsudi juga menghadiri pertemuan tersebut

Jakarta, IDN Times - Utusan dari Amerika Serikat turut menghadiri pertemuan yang membahas tentang situasi Afghanistan yang diselenggarakan oleh China di Tunxi, Provinsi Anhui, pada Rabu hingga Kamis (31/3/2022), lapor kantor berita ANTARA.

Utusan khusus China Yue Xiaoyong akan menggelar pertemuan Troika Plus yang dihadiri beberapa utusan dari AS, Rusia, dan Pakistan, demikian informasi dari Kementerian Luar Negeri China (MFA).

"China, AS, dan Rusia merupakan negara-negara yang memiliki pengaruh penting terkait isu Afghanistan," kata juru bicara MFA Wang Wenbin di Beijing, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Indonesia Kirim Bantuan Makanan dan Nutrisi ke Afghanistan

1. Menlu Retno juga hadir

AS Hadiri Pertemuan di China untuk Bahas AfghanistanMenteri Luar Negeri Retno Marsudi (Twitter/@setkabgoid)

Pertemuan tersebut digelar di sela-sela pertemuan ketiga para menlu dari negara-negara tetangga Afghanistan di tempat yang sama. Menlu RI Retno Marsudi juga menghadiri pertemuan tersebut. Sama seperti Menlu Qatar, Retno diundang sebagai tamu.

Menlu Retno bahkan mendapatkan kesempatan berbicara selama lima menit untuk memberikan pandangan tentang Afghanistan. Dia berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan konsensus lebih lanjut dan mendorong negara-negara di kawasan membantu Afghanistan membangun kembali perdamaian dan stabilitas dalam negerinya.

Baca Juga: Eks Presiden Afghanistan Sebut Joe Biden Lakukan Kekejaman

2. Menlu Wang Yi bertemu Menlu Rusia dan enam negara tetangga Afghanistan

AS Hadiri Pertemuan di China untuk Bahas AfghanistanPenasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Mullah Abdul Ghani Baradar, kepala politik Taliban Afghanistan, di Tianjin, China, Rabu (28/7/2021). Gambar diambil (28/7/2021). ANTARA FOTO/Li Ran/Xinhua via REUTERS.

Pertemuan yang melibatkan China, AS, dan Rusia tersebut justru digelar di tengah krisis Ukraina yang berujung pada memburuknya hubungan AS-Rusia dan AS-China.

Menlu China Wang Yi terlebih dulu telah bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov pada Rabu. Wang juga melakukan pertemuan dengan para menlu darienam negara tetangga Afghanistan yakni Pakistan, Iran, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

"Situasi Afghanistan sekarang sedang krisis. Rakyat Afghanistan sedang menghadapi berbagai tantangan dari dalam dan luar sehingga butuh bantuan dari negara lain," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengenai pertemuan di China bagian timur itu, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Joe Biden Lepaskan Dana Afghanistan yang Dibekukan

3. Wang Yi baru saja kunjungan ke Afghanistan rezim Taliban

AS Hadiri Pertemuan di China untuk Bahas AfghanistanMenteri Luar Negeri China, Wang Yi (www.ndtv.com)

Wang Yi mengunjungi Afghanistan pada Kamis (24/3/2022) untuk bertemu pelaksana Deputi Perdana Menteri Mullah Abdul Ghani Baradar dan pelaksana Menlu Amir Khan Muttaqi. Kunjungan itu adalah kali pertama yang dilakukan Wang Yi sejak Afghanistan berganti rezim menjadi di tangan Taliban tahun lalu.

"Kunjungan tersebut sangat penting karena akan memberikan dampak positif dalam mendorong perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan," ujar Wang Wenbin.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya