Serangan Terbaru di Gaza Tewaskan 11 Orang, Termasuk Anak-anak

Kamp pengungsian warga Palestina digempur Israel

Jakarta, IDN Times - Sebelas orang, termasuk anak-anak, tewas dalam serangan Israel di kamp pengungsi Maghazi di Jalur Gaza. Israel terus melakukan pengeboman di jalur Gaza pascaserangan yang diterimanya dari Iran.

Dilaporkan Al Jazeera, Pertahanan Sipil Gaza mengatakan sebuah jet Israel menyerang sebuah rumah di kamp pengungsi Yabna di Rafah, menewaskan dan melukai beberapa orang.

Tank-tank Israel telah mundur ke beberapa wilayah di Jalur Gaza utara yang telah mereka tinggalkan beberapa minggu lalu, sementara pesawat-pesawat tempur telah melakukan serangan udara di Rafah, menewaskan dan melukai beberapa orang. rakyat.

Baca Juga: Jumlah Korban Tewas di Gaza Mencapai 33.797 Orang

1. Tank Israel kepung Beit Hanoon

Serangan Terbaru di Gaza Tewaskan 11 Orang, Termasuk Anak-anakpotret sebuah gedung yang hancur di Jalur Gaza.(unsplash.com/ Emad El Byed)

Lebih dari satu juta pengungsi Palestina mencari perlindungan di selatan wilayah tersebut. Warga melaporkan pemadaman internet di wilayah Beit Hanoon dan Jabalia di Gaza utara pada hari Selasa. Tank-tank maju ke Beit Hanoon dan mengepung beberapa sekolah tempat keluarga-keluarga pengungsi.

Beit Hanoon, rumah bagi 60 ribu orang, adalah salah satu daerah pertama yang menjadi sasaran serangan darat Israel di Gaza pada Oktober lalu. Pengeboman besar-besaran mengubah sebagian besar Beit Hanoon, yang dulu dikenal sebagai “keranjang buah” karena kebun buah-buahannya, menjadi kota hantu yang terdiri dari tumpukan puing-puing.

Banyak keluarga yang kembali ke Beit Hanoon dan Jabalia dalam beberapa minggu terakhir setelah pasukan Israel mundur, mulai keluar lagi pada hari Selasa karena serangan baru tersebut, kata beberapa warga.

2. Total 33.843 warga Palestina tewas di Gaza

Serangan Terbaru di Gaza Tewaskan 11 Orang, Termasuk Anak-anakSeorang wanita membawa bendera putih bersama sekelompok warga Palestina yang melarikan diri dari Kota Gaza ke Jalur Gaza selatan di jalan Salah al-Din di Bureij, 7 November 2023. (AP Photo/Mohammed Dahman)

Al Jazeera mencatat setidaknya 33.843 warga Palestina telah tewas dan 76.575 terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Jumlah korban tewas di Israel akibat serangan Hamas pada 7 Oktober mencapai 1.139 orang dan puluhan orang masih ditawan di Gaza.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Amerika Serikat, dan kelompok hak asasi manusia Palestina semakin mengecam serangan pemukim Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Baca Juga: Presiden Iran Ancam Lanjutan Serangan jika Israel Membalas

3. Israel sempat tunda serangan ke Rafah

Serangan Terbaru di Gaza Tewaskan 11 Orang, Termasuk Anak-anakPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (x.com/netanyahu)

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memutuskan untuk menunda invasi darat ke Kota Rafah, di selatan Gaza, pada Minggu lantaran baru saja menerima serangan balasan dari Iran.

Iran menyerang Israel pada Sabtu (13/4/2024) sebagai balasan serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah pada pekan lalu.

Dilansir Times of Israel, Netanyahu menunda penyerangan ke Rafah setelah berkonsultasi dengan aparat keamanan Israel.

Baca Juga: Imbas Iran-Israel, Moratorium TKI ke Timur Tengah Bakal Sulit Dicabut

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya