Xi Jinping dan Joe Biden Bakal Video Call-an untuk Cari Kata Sepakat

Xi dan Biden sudah dua kali komunikasi via telepon tahun ini

Jakarta, IDN Times - Presiden China Xi Jinping akan bertemu Presiden Amerika Serikat Joe Biden melalui aplikasi video pada Selasa (16/11/2021) pagi waktu Beijing.

Xi akan bertukar pandangan dengan Biden mengenai kemitraan China-AS dan isu-isu yang menjadi perhatian bersama, demikian pernyataan tertulis juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying di Beijing, Sabtu.

"Kedua negara sepakat untuk menjalin komunikasi secara intensif," kata Wang Wenbin, jubir Kementerian Luar Negeri China lainnya, dilaporkan ANTARA.

Baca Juga: Partai Komunis China Xi Jinping Minta Rakyat Rapatkan Barisan

1. AS-China terus jalin komunikasi sejak awal tahun untuk cari kata sepakat

Xi Jinping dan Joe Biden Bakal Video Call-an untuk Cari Kata SepakatJuru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Pada awal tahun ini kedua kepala negara pemimpin ekonomi dunia tersebut telah dua kali melakukan percakapan via telepon. Kedua negara juga terus berkomunikasi dalam mencapai kesepakatan-kesepakatan.

"Diharapkan AS bisa bekerja sama dengan China pada arah yang sama dan membuat upaya nyata sehingga pertemuan antarkepala negara bisa berhasil yang nantinya membawa kemitraan China-AS kembali ke jalur yang benar untuk pembangunan yang stabil," ujar Wang.

Namun, Wang tidak berkomentar apa pun terkait spekulasi apakah Presiden Xi akan mengundang Presiden Biden pada Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) di Beijing pada Januari 2022.

Baca Juga: Taiwan Klaim Ancaman Besar Militer China Siap Menerkam

2. Rencana pertemuan virtual disepakati saat diplomasi di Zurich pada Oktober

Xi Jinping dan Joe Biden Bakal Video Call-an untuk Cari Kata SepakatIlustrasi Gedung Putih (ANTARA FOTO)

Para juru bicara Gedung Putih dan Kedutaan Besar China di Washington belum mengonfirmasi kabar terbaru tersebut. Namun, kedua belah pihak mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan untuk mengadakan pertemuan virtual antara Biden dan Xi.

Sebelumnya pada Senin (8/11/2021), juru bicara Gedung Putih Karine Jean Pierre menegaskan bahwa pada prinsipnya sudah ada kesepakatan bagi kedua presiden itu untuk mengadakan pembicaraan sebelum akhir tahun.

Reuters melaporkan pertemuan virtual antara Biden dan Xi disepakati setelah penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan dan diplomat utama China, Yang Jiechi, melakukan pembicaraan di Kota Zurich, Swiss, pada Oktober.

Baca Juga: Beijing Tuding AS Rekayasa Kasus Warga China Peretas Data Perusahaan

3. Menjalin kontak langsung cara terbaik untuk cegah konflik meruncing

Xi Jinping dan Joe Biden Bakal Video Call-an untuk Cari Kata SepakatPresiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (www.china-embassy.org)

Hubungan diplomatik AS-China semakin agresif di awal pemerintahan Biden. Para pejabat AS percaya menjalin kontak langsung dengan Xi adalah cara terbaik untuk mencegah hubungan antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia itu meruncing menuju konflik.

Washington dan Beijing telah berdebat tentang berbagai isu, mulai dari asal-usul virus corona hingga persenjataan nuklir China yang meningkat. Hubungan kedua negara juga kian memanas terkait isu Taiwan, serta yang terbaru tentang tudingan AS soal peretasan oleh hacker China. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya