Gajah Liar China Temukan Opium yang Disembunyikan di Tengah Hutan

Warganet takut gajah akan diincar gembong narkoba

Jakarta, IDN Times - Perang China melawan narkoba telah mendapat prajurit baru yang tidak terduga pada Selasa (22/8/2023), ketika seekor gajah liar menemukan segumpal opium yang disembunyikan di semak-semak hutan di provinsi Yunnan barat daya.

Potongan video yang beredar di platform media sosial China, Weibo, menunjukkan empat gajah Asia berjalan melalui jalan setapak yang sudah dibersihkan di dalam hutan. Salah satu dari mereka tiba-tiba memisahkan diri dari kawanannya, tampaknya tertarik dengan sesuatu di semak-semak.

1. Polisi dapat "hadiah" dari gajah

Gajah Liar China Temukan Opium yang Disembunyikan di Tengah HutanIlustrasi gajah Sumatera dimandikan warga. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kemudian, gajah itu dengan tenang menyapu tanah memakai belalainya beberapa kali, sebelum melemparkan ransel hitam yang tidak mencolok, sambil membunyikan terompet saat mengumumkan penemuannya.

Polisi perbatasan sudah berada di tempat kejadian. Petugas telah tiba untuk mengawal gajah keluar dari desa terdekat, lapor China National Radio (CNR).

Sadar dengan tugas utama mereka, polisi menunggu sampai gajah keluar dengan aman sebelum memeriksa "hadiah" kejutan yang diberikan oleh mamalia tersebut.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping: China Tidak Pernah Ingin Menjadi Hegemon Dunia

2. Tanggapan warganet

Gajah Liar China Temukan Opium yang Disembunyikan di Tengah Hutanilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Cuplikan dari CNR menunjukkan, polisi membuka tas untuk menemukan bata opium yang terikat erat, terkubur di bawah lapisan pakaian. Investigasi polisi sedang berlangsung.

Video gajah bertajuk Operasi Pemberantasan Narkoba tersebut telah ditonton lebih dari 200 juta kali di Weibo pada Selasa pagi. Banyak warganet yang terpesona dan menjuluki hewan tersebut sebagai agen rahasia.

“Sepertinya gajah memiliki hidung yang sangat sensitif,” kata seorang pengguna Weibo.

3. Khawatir gajah akan diburu gembong narkoba

Gajah Liar China Temukan Opium yang Disembunyikan di Tengah HutanIlustrasi gajah sumatra (elephas maximus sumatranus). (IDN Times/IDN Times)

Efek riak yang mungkin ditimbulkan oleh insiden ini terhadap keamanan kerja anjing pelacak masih belum diketahui.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu pengguna, “bukankah itu berarti kita bisa melatih gajah untuk mengendus narkoba dengan imbalan makanan ringan?"

Sementara itu, warganet lain khawatir video itu menjadi alasan bagi para gembong narkoba untuk membunuhi gajah liar.

"Saya khawatir gembong narkoba akan mengejar gajah sebagai balas dendam. Mari kita lindungi mereka dengan baik,” kata warganet, dilansir The Straits Times.

Baca Juga: Warga China Masuki Korea Selatan dengan Jet Ski, Lintasi 300 Km!

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya