Paus Ungkap Vatikan Terlibat Misi Perdamaian di Ukraina 

Untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina

Jakarta, IDN Times – Paus Fransiskus mengatakan bahwa Vatikan terlibat dalam misi perdamaian untuk mencoba mengakhiri perang Rusia-Ukraina. Namun, Paus tidak merinci upaya apa yang dilakukan Vatikan.

“Saya bersedia melakukan semua yang harus dilakukan. Ada misi dalam kursus sekarang tetapi belum dipublikasikan. Ketika (sudah siap untuk) publik, saya akan mengungkapnya,” kata Paus pada Minggu (30/4/2023), setelah pulang dari kunjungan tiga hari ke Hungaria.

“Saya pikir perdamaian selalu dibuat dengan membuka saluran. Anda tidak akan pernah bisa mencapai kedamaian melalui penutupan, ini tidak mudah,” tambahnya, dilansir Al Jazeera.

1. Paus baru pulang dari Hungaria

Paus Ungkap Vatikan Terlibat Misi Perdamaian di Ukraina Ilustrasi Paus Fransiskus (ANTARA FOTO/Osservatore Romano/Handout via REUTERS)

Paus mengaku telah berbicara tentang situasi di Ukraina dengan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban dan dengan Metropolitan Hilarion, seorang uskup yang mewakili Gereja Ortodoks Rusia di Budapest.

“Dalam pertemuan-pertemuan ini, kami tidak hanya berbicara tentang Little Red Riding Hood. Kami berbicara tentang semua hal ini. Semua orang tertarik pada jalan menuju perdamaian,” katanya.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, Paus telah memohon perdamaian hampir setiap minggu, dan telah berulang kali menyatakan keinginan untuk bertindak sebagai perantara antara Kiev dan Moskow. Tawarannya sejauh ini gagal menghasilkan terobosan apa pun.

Baca Juga: Spanyol Geram Dituduh Rusia Tentaranya Ikut Berperang di Ukraina

2. Paus berencana kunjungi Ukraina dan Rusia

Paus Ungkap Vatikan Terlibat Misi Perdamaian di Ukraina Ilustrasi perang/konflik. (IDN Times/Aditya Pratama)

Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, bertemu paus di Vatikan pada Kamis dan mengatakan dia telah membahas formula perdamaian yang diajukan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Dia juga mengundang Paus untuk mengunjungi Kiev.

Paus Fransiskus sebelumnya mengatakan bahwa dia ingin mengunjungi Kiev dan Moskow untuk misi perdamaiannya.

Bukan kali ini Paus berbicara mengenai konflik. Dia juga pernah berbicara mengenai konflik di Myanmar yang dipicu kudeta militer atau perang saudara di Sudan dan Yaman.

3. Rusia klaim kuasai kota Bakhmut

Paus Ungkap Vatikan Terlibat Misi Perdamaian di Ukraina Ilustrasi perang/konflik. (IDN Times/Aditya Pratama)

Pengumuman Paus datang beberapa jam setelah Moskow mengklaim bahwa pasukannya menguasai empat kawasan perkotaan lagi di garis depan kota Bakhmut, Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, unit Pasukan Lintas Udara menembaki pasukan Ukraina di pinggiran utara dan selatan kota. Ukraina belum menanggapi klaim tersebut.

Pasukan Rusia telah mencoba selama berbulan-bulan untuk merebut Bakhmut, pusat transportasi dan logistik di provinsi Donetsk Ukraina, yang merupakan bagian dari wilayah industri Donbas yang sebagian besar berbahasa Rusia.

Puluhan ribu telah terbunuh, jutaan tercerabut dan seluruh kota telah diratakan selama perang di Ukraina.

Baca Juga: Ukraina Minta Xi Jinping Bantu Pulangkan Anak-anak yang Diculik Rusia

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya