Pejabat AS: Taliban Ingin Misi Diplomatik Kami di Kabul Tetap Berjalan

Akankah AS mengakui kekuasaan Taliban?

Jakarta, IDN Times – Pejabat Washington mengatakan bahwa Taliban telah meminta Amerika Serikat (AS) untuk mempertahankan kehadiran diplomatiknya di Kabul, setelah Gedung Putih menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan pada 31 Agustus 2021. Sejauh ini, AS belum menentukan bagaimana sikap mereka terhadap rezim Taliban yang kembali berkuasa setelah 20 tahun.

Dilansir dari AFP, para pemimpin Taliban berharap misi dan fungsi diplomatik AS tetap berjalan, meski misi evakuasi telah berakhir. Sejak Taliban mengambil alih Kabul pada Minggu (15/8/2021), Duta Besar AS untuk Afghanistan menjadi salah satu orang yang dievakuasi paling awal.

Baca Juga: AS Peringatkan Ancaman Teroris ISIS-K di Afghanistan, Apa Itu?

1. Fokus utama AS saat ini adalah misi evakuasi

Pejabat AS: Taliban Ingin Misi Diplomatik Kami di Kabul Tetap BerjalanPasukan Amerika Serikat (AS) mengevakuasi warga asing dan warga Afghanistan di Bandara Hamid Karzai, Kabul (Twitter/DeptofDefense)

Pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya itu menambahkan, persoalan kehadiran misi diplomatik di Afghanistan masih menjadi perdebatan pemerintah. Selama ini AS belum mengakui kekuasaan Taliban, yang berarti keberlanjutan misi diplomatik di Kabul masih tanda tanya besar.

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden berjanji akan menarik seluruh pasukannya pada Selasa (31/8/2021), sesuai tenggat waktu perjanjian dengan Taliban dan pemerintahan Afghanistan sebelumnya. Jika benar demikian, maka tidak ada lagi pasukan yang tersisa untuk melindungi para diplomat.

Adapun saat ini, kata pejabat tersebut, fokus utama pemerintah adalah mengevakuasi warga AS dan warga Afghanistan yang bekerja untuk mereka. Misi evakuasi menjadi semakin penting setelah Islamic State-Khorasan (ISIS-K) mendalangi bom bunuh diri dan penembakan yang menewaskan lebih dari 175 orang.

Pejabat itu menyampaikan, keputusan apakah Washington akan melanjutkan misi diplomatik atau tidak kemungkinan diumumkan awal pekan depan, beberapa jam sebelum penarikan seluruh pasukan.

Baca Juga: Melihat Akar Permusuhan ISIS-K vs Taliban: Khilafah Lawan Imarah Islam

2. Ancaman ISIS-K belum berakhir

Pejabat AS: Taliban Ingin Misi Diplomatik Kami di Kabul Tetap BerjalanPasukan Amerika Serikat (AS) mengevakuasi warga asing dan warga Afghanistan di Bandara Hamid Karzai, Kabul (Twitter/DeptofDefense)

Pasca serangan ISIS-K yang juga melukai personel militer AS, Washington bersama Taliban akan lebih bersiaga untuk menjaga kawasan Bandara Hamid Karzai, Kabul.  

Sejauh ini, dalam dua minggu terakhir, menurut Pentagon lebih dari 110 ribu orang telah dibawa keluar dari Afghanistan. Misi evakuasi jelang berakhirnya tenggat waktu diprediksi akan menjadi momen yang paling krusial dan berbahaya.

Juru bicara Pentagon, John Kirby, mengatakan AS yakin masih ada ancaman tersisa.

“Kami tentu siap dan akan mengharapkan upaya di masa depan. Kami memantau ancaman ini, sangat khusus, hampir secara real-time,” kata Kirby kepada awak media, dikutip dari Reuters.   

Baca Juga: Bank Dunia Setop Kucuran Bantuan ke Afghanistan yang Dikuasai Taliban

3. Taliban siap mengambil kendali bandara akhir pekan ini

Pejabat AS: Taliban Ingin Misi Diplomatik Kami di Kabul Tetap BerjalanPasukan Amerika Serikat (AS) mengevakuasi warga asing dan warga Afghanistan di Bandara Hamid Karzai, Kabul (Twitter/DeptofDefense)

Tokoh senior Taliban menginformasikan bila pemimpin de facto Afghanistan itu siap mengambil kendali Bandara Kabul akhir pekan ini, jelang tenggat waktu penarikan koalisi Barat.

Seorang komandan senior juga mengatakan, pasukan Taliban telah mengambil alih sebagian besar bandara, hanya sebagian kecil dari bandara yang masih dioperasikan oleh pasukan AS.

"Begitu orang Amerika pergi, mereka hanya perlu memberi kami sinyal dan kami akan mengambil alih," kata pejabat Taliban, dilansir dari The Straits Times.

Sebaliknya, Kirby justru membantah klaim Taliban yang mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas sebagian keamanan bandara. Kirby menegaskan bila bandara Kabul sepenuhnya berada di bawah kendali AS.

"Mereka tidak bertanggung jawab atas gerbang mana pun. Mereka tidak bertanggung jawab atas operasi bandara mana pun. Itu masih di bawah kendali militer AS," ujar Kirby.

Baca Juga: Masih Ada Empat WNI yang Memilih Tetap Bertahan di Afghanistan

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya