Pemimpin Ahmadiyah Serukan Umat Islam di Seluruh Dunia Bersatu

Tanggapi isu di Palestina, Swedia, dan Prancis

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Jamaah Muslim Ahmadiyah, Mirza Masroor Ahmad, menyerukan persatuan umat muslim di tengah gejolak dunia yang kerap menyudutkan Islam. Pernyataan itu disampaikan terkait aksi pembakaran Al-Qur’an di Swedia, kekerasan terhadap warga Palestina, dan kerusuhan rasial di Prancis.

Menurut Mirza, umat Islam yang bersatu dapat mengakhiri semua bentuk kebencian dan perpecahan sektarian.

1. Tanggapan soal situasi di Palestina

Pemimpin Ahmadiyah Serukan Umat Islam di Seluruh Dunia BersatuAnak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Terkait situasi di Palestina, ketika menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Mubarak, Islamabad, Pakistan pekan lalu, Mirza berharap umat Islam bisa bersatu untuk membantu muslim Palestina melawan ekstremisme Israel.

“Semoga Allah memberi mereka pemimpin yang memenuhi hak-hak mereka, membimbing mereka dengan benar dan membebaskan mereka dari ketidakadilan yang dilakukan terhadap mereka,” kata pria yang karib disapa Huzur.

“Kekejaman yang mereka hadapi telah mencapai tingkat ekstrem, tetapi tidak ada yang melindungi atau membimbing mereka. Jika saja umat Islam di dunia mau bersatu, mereka akan dibebaskan dari cobaan dan kesengsaraan ini,” tambahnya.

Baca Juga: PBB: Israel Ubah Wilayah Palestina Jadi Penjara Outdoor

2. Tanggapan soal pembakaran Al-Qur'an di Swedia

Pemimpin Ahmadiyah Serukan Umat Islam di Seluruh Dunia BersatuThe Official account for Khalifa Of Islam - His Holiness Hazrat Mirza Masroor Ahmad Khalifatul Masih V (Instagram/khalifaofislam)

Kemudian, Huzur juga mengutuk pembakaran Al-Qur’an di Swedia yang mengatasnamakan kebebasan berekspresi, yang digunakan oleh banyak orang untuk melawan Islam.  

“Mereka dengan kejam mempermainkan sentimen umat Islam melalui tindakan balas dendam yang menyebabkan penderitaan mendalam bagi umat Islam. Tindakan mereka kejam dan menjijikkan, di mana mereka menajiskan Al-Qur'an atau menggunakan kata-kata vulgar tentang Nabi Muhammad,” katanya.

Kendati begitu, Huzur mengajak umat muslim untuk menjadikan kejadian ini sebagai momentum untuk instropeksi.

“Pemerintah muslim juga harus disalahkan atas situasi mengerikan yang dihadapi umat Islam, karena perpecahan merekalah yang memungkinkan kekuatan anti-Islam bertindak dengan cara-cara keji ini,” katanya.

3. Tanggapan soal kerusuhan di Prancis

Pemimpin Ahmadiyah Serukan Umat Islam di Seluruh Dunia BersatuBentrokan terjadi antara demonstran Prancis dan polisi (twitter.com/Mourad Teyeb)

Mirza juga angkat bicara mengenai kerusuhan di Prancis, yang dipicu oleh aksi represif polisi atas kematian remaja Nahel Merzouk.

“Muslim juga menjadi sasaran di Perancis. Meski demikian, reaksi kekerasan dari muslim tertentu dan mereka yang bergabung bukanlah pendekatan yang tepat. Tidak ada yang bisa dicapai dengan menyebabkan kehancuran,” katanya.

“Sebaliknya, umat Islam harus memastikan bahwa tindakan mereka tetap sesuai dengan ajaran Islam. Karena hanya ketika kata-kata dan perbuatan umat Islam sesuai dengan ajaran Islam, mereka akan mencapai kedamaian dan kesuksesan,” tambahnya. 

Baca Juga: Prancis Larang Jual-Beli Kembang Api Jelang Hari Bastille

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya