Putin Ulang Tahun ke-70, Dapat Hadiah Traktor dari Presiden Belarus

Putin mendapatkan puja-puji dari sahabatnya

Jakarta, IDN Times – Presiden Rusia, Vladimir Putin, merayakan ulang tahunnya yang ke-70 pada Jumat (7/10/2022). Uniknya, Presiden Belarus Alexander Lukashenko memberikan hadiah traktor kepada lelaki kelahiran 1952 itu.

Lukashenko mengonfirmasi kabar tersebut saat ia mengunjungi kota St Petersburg, untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia. Pada kesempatan yang sama, Putin menjamu para pemimpin negara-negara bekas Uni Soviet lainnya, di tengah perang Ukraina yang masih berkecamuk.

Putin kemudian menggambarkan dinamika di Ukraina sebagai “situasi yang bergejolak”, lantaran pasukan Ukraina berhasil mencapai kemajuan di beberapa wilayah, dengan berhasil merebut daerah yang sempat dikuasai Rusia, dilansir BBC.  

1. Selain traktor, Putin juga menerima hadiah dari Presiden Tajikistan

Putin Ulang Tahun ke-70, Dapat Hadiah Traktor dari Presiden BelarusPresiden Rusia Vladimir Putin memasukkan kertas suaranya di sebuah tempat pemungutan suara dalam pemilihan parlemen kota Moskow di Moskow, Rusia, pada 8 September 2019. ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS

Pada pertemuan itu, rekan-rekan Putin memberikan pujian dan hadiah kepada pemimpin Rusia tersebut. Pujian diberikan sebagai apresiasi atas karier politik Putin selama lebih dari dua dekade, mulai dari perdana menteri hingga presiden.

Salah satu hadiah ulang tahun yang diberikan Lukashenko, diktator terakhir Eropa, adalah sertifikat hadiah kendaraan buatan Belarus. Adapun traktor digambarkan sebagai industri unggulan Minsk.

Tidak jelas bagaimana Putin menanggapi hadiah traktor itu, yang harus bersaing dengan gunungan melon dan semangka dari Presiden Tajikistan, Emomali Rahmon.

Namun, fakta menariknya adalah Putin juga sering terlihat menaiki traktor dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Ukraina Temukan Kuburan Massal di Lymann, Jadi Bukti Kejahatan Rusia

2. Puja-puji untuk Putin

Putin Ulang Tahun ke-70, Dapat Hadiah Traktor dari Presiden BelarusPresiden Rusia Vladimir Putin melakukan panggilan video dengan Perdana Menteri Mikhail Mishustin di kediaman resmi Novo-Ogaryovo, Rusia, pada 2 Juni 2020. ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS

Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, juga memuji Putin karena telah berhasil mengubah citra Rusia.

“Memperkuat kedaulatan dan kemampuan pertahanannya, dan melindungi kepentingan nasionalnya,” kata Kirill.

Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov, juga menyebut Putin sebagai patriot nomor satu di dunia.

Dari kejauhan, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un juga memberikan selamat kepada pemimpin Kremlin tersebut.

“(Karena) menghancurkan tantangan dan ancaman Amerika Serikat,” katanya.

3. Sindiran dan cemooh untuk Putin di hari ulang tahunnya

Putin Ulang Tahun ke-70, Dapat Hadiah Traktor dari Presiden BelarusPresiden Rusia Vladimir Putin (ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Zmeyev)

Di sisi lain, Musuh-musuh Putin memanfaatkan momentum ulang tahun untuk menggambarkannya sebagai penjahat perang, yang mencoba menghancurkan negara lain sambil menghancurkan negaranya sendiri.

Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, meminta militer Rusia untuk menentangnya dan menolak berperang.

"(Putin lebih memilih) bersembunyi di bunker daripada berjuang (bersama tentaranya)" demikian sindiran Reznikov.

Beberapa pengguna media sosial mencatat ironi pemberian Lukashenko kepada Putin. Bahwa traktor merupakan simbol awal perlawanan Ukraina terhadap invasi Rusia, setelah petani menarik kendaraan militer yang ditinggalkan.

Di ibu kota Ceko, Praha, para demonstran mengejek presiden Rusia dengan boneka raksasa yang menggambarkannya sebagai kaisar telanjang yang duduk di toilet emas

Baca Juga: Ukraina Bangkit, Pemimpin Kherson: Menhan Rusia Silakan Bunuh Diri!

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya