Polisi Brasil Tangkap Dalang Pembunuhan Jurnalis di Hutan Amazon

Dalang pembunuhan Dom dan Bruno sudah ditangkap

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Brasil telah menangkap tersangka pembunuhan jurnalis Inggris Dom Phillips dan ahli Pribumi Brasil Bruno Pereira di Amazon tahun lalu. Pria tersebut adalah Rubens Villar Coelho yang kerap disapa Colombia.

Dia pertama kali ditangkap dengan tuduhan terpisah Juli lalu, atau satu bulan setelah kedua korban dibunuh di wilayah lembah Javari di Amazon. Dia dibebaskan pada Oktober tetapi ditangkap kembali bulan lalu karena melanggar persyaratan jaminannya.

1. Villar Coelho sebelumnya ditangkap karena kasus penangkapan ikan secara ilegal

Polisi Brasil Tangkap Dalang Pembunuhan Jurnalis di Hutan AmazonIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada Senin (23/01/2023), kepala polisi federal untuk negara bagian Amazonas mengatakan, para penyelidik menyimpulkan Villar Coelho telah memerintahkan pembunuhan tersebut. Sebelumnya, Coelho hanya dituduh melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perbatasan yang terpencil. 

Kepolisian Brasil sangat yakin bahwa Coelho merupakan otak dari pembunuhan tersebut.

“Saya tidak ragu bahwa Kolombia adalah dalangnya,” kata Alexandre Fontes pada konferensi pers di Manaus, dilansir The Guardian

Tiga pria lainnya saat ini ditahan atas pembunuhan tersebut dan dituduh menembak Phillips, dan Pereira saat mereka melakukan perjalanan menyusuri Sungai Itaquaí pada 5 Juni 2022 juga diungkapkan. Mereka adalah Amarildo da Costa Oliveira, Jefferson da Silva Lima dan Oseney da Costa de Oliveira.

Baca Juga: Presiden Brasil: Bolsonaro Dalangi Genosida atas Suku Amazon Yanoma

2. Villar Coelho memberikan amunisi untuk membunuh Dom dan Bruni

Alexandre Fontes mengatakan, para penyelidik telah mengumpulkan bukti bahwa Villar Coelho bersalah. Dia diketahui memberi dua eksekutor amunisi yang digunakan untuk melakukan pembunuhan.

Fontes mengklaim senapan kaliber 16 yang digunakan dalam kejahatan tersebut telah disediakan oleh saudara laki-laki Amarildo da Costa Oliveira, yaitu Edvaldo da Costa Oliveira. Edvaldo mengetahui bahwa senapan tersebut akan digunakan untuk membunuh Bruno dan Dom. 

Villar Coelho juga telah membayar pengacara pembela awal Amarildo da Costa Oliveira. Coelho sempat membantah terlibat dalam kejahatan tersebut setelah ditahan Juli 2022 lalu. 

3. Sekilas profil Dom Phillips dan Bruno Pereira

Dom Phillips merupakan seorang kontributor lama The Guardian dan koresponden asing. Dia melakukan perjalanan ke Lembah Javari bersama Pereira sebagai bagian dari penelitian untuk buku yang dia tulis berjudul How to Save the Amazon.

Sedangkan, Bruno Pereira seorang spesialis dan penjelajah pribumi yang membantu komunitas adat di Lembah Javari membentuk tim pemantau untuk mempertahankan rumah hutan hujan mereka. Rumah tersebut dibuat untuk melindungi mereka dari gerombolan penambangan, perburuan, dan penangkapan ikan ilegal yang terkait dengan kejahatan terorganisir.

Kematian Dom dan Bruno sendiri menimbulkan protes di Brasil, baik dari masyarakat adat setempat hingga dunia internasional. Walau begitu, para aktivis masyarakat adat tidak melihat tanda-tanda bahwa situasi keamanan di wilayah tersebut telah membaik.

Baca Juga: Presiden Brasil Tunjuk Tomas Ribeiro Paiva Jadi Panglima Militer Baru

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya