Badai Salju di Perbatasan Argentina-Chile, Ratusan Kendaraan Terjebak

Ratusan pengendara berhasil dievakuasi

Jakarta, IDN Times - Badai salju menghantam perbatasan Argentina-Chile pada Minggu (10/7/2022). Tumpukan salju telah menutup sebagian jalan dan menjebak ratusan kendaraan, terutama truk kargo pengangkut barang. 

Memasuki musim dingin di belahan Bumi bagian selatan, Argentina dan Chile terus mengalami penurunan suhu udara hingga di bawah nol derajat celcius. Hal ini berdampak pada turunnya salju di sejumlah wilayah kedua negara, terutama di kawasan Pegunungan Andes. 

1. Menjebak lebih dari 200 kendaraan di perbatasan sisi Argentina

Badai salju yang terjadi di pintu perbatasan Los Liberadores antara Argentina dan Chile mengakibatkan sekitar 200 kendaraan terjebak di tengah jalan. Hal ini juga mengakibatkan sekitar 300 orang terjebak dalam kendaraannya di tengah guyuran hujan salju deras. 

Perbatasan kedua negara, yang terletak di Pegunungan Andes, memiliki ketinggian di atas 3.000 meter dari permukaan laut. Sedangkan terjangan badai salju sudah terjadi sejak Sabtu siang, yang mengakibatkan penutupan jalur antar negara tersebut.

"Masalah cuaca dan terbatasnya pekerja di jalan raya, ditambah jumlah kendaraan yang sedang melintas, termasuk truk kargo, menunjukkan bahwa seluruh lalu lintas sudah tertutup. Salju yang terus turun membuat kendaraan terjebak di jalan yang membelah pegunungan ini," tutur Eduardo Yaya selaku koordinator perbatasan di Pegunungan Andes, dikutip La Prensa Latina

Yaya juga menambahkan, para pengemudi yang terjebak di jalur utama penghubung Santiago, Chile dan Mendoza, Argentina ini harus bertahan dalam temperatur -15 derajat celcius ketika malam hari.  

Baca Juga: Terjadi Hujan Tembakan di Laga Lokal Argentina, Seorang Remaja Kritis

2. Sekitar 120 orang sudah dievakuasi oleh aparat keamanan Argentina

Sementara itu, otoritas Argentina berhasil mengevakuasi sebanyak 120 orang yang terjebak di dalam kendaraan pada Minggu. Kabar ini membuat total orang yang berhasil dievakuasi mencapai lebih dari 300 orang. 

"Temperatur udara di sini mencapai minus 10 derajat celcius, ditambah dengan akumulasi salju setebal satu meter di tengah jalan," ungkap Hector Tello, tokoh dari Desa Las Heras, dilansir dari C5N dalam Buenos Aires Times

Heras juga mengatakan, para pengendara yang terjebak di Los Libertadores sudah dievakuasi ke shelter pengungsian di kota terdekat. Ia menambahkan, regu penyelamat akan berupaya melakukan evakuasi seluruh pengendara pada Senin.  

3. Pemerintah Chile buka investigasi kemungkinan kesalahan dalam pembukaan jalur

Direktur Kantor Darurat Nasional Chile (ONEMI), Ricardo Toro, mengatakan bahwa terdapat 180 truk di perbatasan sisi Chile dan 80 kendaraan lain yang terjebak di dalam terowongan pada Minggu. Sementara, 400 orang sudah ditempatkan di sejumlah shelter dan dalam kondisi baik. 

"Saat ini, para penyelamat masih terus bekerja dengan mesin pengeruk agar dapat membuka kembali rute perbatasan ini dan kemungkinan pembukaan bisa dilakukan mulai hari Senin siang," tambahnya, dikutip Associated Press

Situasi di perbatasan Argentina-Chile semakin kompleks lantaran terjadi dua insiden kecelakaan di sisi Argentina dan Chile. Insiden tersebut disebabkan oleh kendaraan yang mencoba melintas di tengah tumpukan salju. 

Di sisi lain, Menteri Dalam Negeri Chile, Izkia Siches mengumumkan investigasi terkait pembukaan kembali perbatasan Los Libertadores di tengah badai salju. Pasalnya, hal ini justru mengakibatkan lebih dari 250 kendaraan terjebak di perbatasan sisi Chile. 

"Kami sudah menerima informasi awal bahwa kondisi cuaca sudah memungkinkan agar kendaraan bisa melintas kembali. Namun, faktanya ini sangat serius dan dibutuhkan investigasi untuk mengklarifikasi kasus ini," sambungnya, dilansir BioBio Chile

Baca Juga: Di Sela KTT G7, Presiden Argentina dan PM Inggris Debat soal Ini

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya