Badai Salju Langka Melanda Mexico City, Robohkan Atap Swalayan

Sebelumnya sudah pernah terjadi di Meksiko

Jakarta, IDN Times - Badai salju langka menghampiri sebagian wilayah Mexico City, Meksiko sejak Minggu (12/5/2022). Fenomena langka ini telah mengakibatkan kekacauan di sejumlah sudut kota dan hampir melumpuhkan sebagian ibu kota Meksiko dan wilayah sekitarnya. 

Pada Juli 2019 lalu, fenomena hujan salju sudah melanda Kota Guadalajara, Jalisco dengan ketebalan salju lebih dari dua meter. Meski tak menimbulkan korban jiwa, tapi kejadian ini mengakibatkan ratusan rumah warga rusak dan ratusan mobil terjebak tumpukan salju. 

Baca Juga: Bos Kartel Teluk, El Contador Ditangkap di Mexico City

1. Sebabkan kekacauan pada sejumlah jalan utama di Mexico City

Badai salju langka yang terjadi di Mexico City pada hari Minggu sore telah mengejutkan seluruh warga kota. Pasalnya, fenomena alam ini di luar dari prediksi sebelumnya dan terjadi ketika memasuki musim panas. 

Akibat hujan salju, sejumlah jalanan di Mexico City mengalami kemacetan parah lantaran banyak kendaraan yang memperlambat lajunya. Selain itu, di beberapa sudut kota, pengemudi memilih untuk berhenti lantaran tebalnya tumpukan salju. 

Di samping hujan salju, hujan torensial juga melanda beberapa area yang memicu terjadinya banjir bandang. 

Baca Juga: Lagi di Meksiko? Mampir ke 5 Destinasi Wisata Mexico City ini, yuk!

2. Sebabkan robohnya sebuah supermarket dan melukai satu pengunjung

Tak hanya berdampak kekacauan di jalanan, badai salju disertai hujan deras di Mexico City kali ini telah mengakibatkan robohnya atap sebuah swalayan. Gedung supermarket itu terletak di kawasan Mixcoac, Benito Juarez yang tak jauh dari pusat kota. 

Peristiwa ini mengakibatkan satu orang pengunjung terluka dan sekitar 200 orang lainnya berhasil dievakuasi. Menurut otoritas setempat, bagian atap yang roboh memiliki ketinggian 35 meter dan pada area seluas 20 meter, dilaporkan dalam Mexico News Daily

Pada sebuah video rekaman pengunjung yang tersebar di media sosial, atap swalayan bocor dan terdapat suara retakan sebelum akhirnya roboh. Selain itu, badai juga mengakibatkan robohnya pohon di Tlalpan, Mexico City bagian selatan.  

Baca Juga: Mexico Legalkan Ganja untuk Rekreasi

3. Badai salju terpusat pada tiga wilayah di Mexico City

Gubernur Mexico City, Claudia Sheinbaum mengatakan bahwa badai salju yang terjadi pada hari Minggu adalah fenomena yang tidak biasa. Sementara, kerusakan terbesar akibat fenomena ini berada di Benito Juarez, Coyoacan, dan bagian pusat Venustiano Carranza. 

Pada konferensi pers, Sheinbaum menyebut bahwa kejadian ini mengakibatkan setidaknya empat pohon jatuh, sembilan genangan lumpur, beserta 13 atap roboh di Alvaro Obregon, Benito Juarez, Coyoacan, Miguel Hidalgo, dan Venustiano Carranza, dikutip El Universal

Di sisi lain, Comisión Nacional del Agua (Conagua) juga sudah memperingatkan terjadinya hujan lebat dalam beberapa jam ke depan di Chiapas, Guerrero, Jalisco, Michoacan, Oaxaca, dan Veracruz. Ketebalan hujan akan tinggi di Chihuahua, Colima, Durango, Meksiko, Nayarit, dan Zacatecas. 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya