Diduga Korupsi, Menteri Pariwisata Uruguay Mundur

Disebut menginginkan kontrak tanpa lelang

Montevideo, IDN Times - Menteri Pariwisata Uruguay Germán Cardoso pada Jumat (20/8/2021) memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Keputusannya ini dikarenakan adanya dugaan dirinya terlibat dalam skandal korupsi mengenai kontrak iklan secara langsung tanpa adanya lelang tender. 

Mengenai kasus ini, Cardoso akan membicarakan langsung dengan Presiden Luis Lacalle Pou. Di sisi lain, selama ini Uruguay dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat korupsi terendah di Amerika Latin bersama dengan Chile.

1. Tudingan setelah adanya pemecatan Martin Perez Banchero

Diduga Korupsi, Menteri Pariwisata Uruguay MundurMenteri Pariwisata, Germán Cardoso. (twitter.com/Batllistas_uy)

Tudingan apabila Menpar Germán Cardoso terlibat dalam skandal korupsi setelah dipecatnya kepala Bidang Pariwisata, Martin Perez Banchero. Pasalnya Banchero menolak diadakannya pembelian iklan secara langsung, sementara Cardoso menginginkan langsung adanya persetujuan kontrak iklan tanpa melalui proses lelang tender, dilaporkan dari laman The Rio Times

Dilansir dari CNN, Cardoso yang akan kembali ke parlemen selaku deputi dari Partai Colorado akan menanyakan legislator untuk membuka investigasi untuk memperjelas aksinya. "Kami akan menanyakan pada komisi investigasi untuk mengklarifikasi semua yang telah terjadi dalam prosedur penentuan dan kami akan membuka komisi investigasi untuk menyelidiki prosedur dan pembelian selama kepemimpinan saya dan sebelumnya. Maka nantinya akan jelas bagaimana prosedur yang dijalankan" ujar Cardoso.

2. Kasus ini menjadi kontoversi kedua German Cardoso

Baca Juga: Militer Inggris Terbang ke Falkland, Argentina Kecam Uruguay

Dikutip dari El Pais de Uruguay, Cardoso ditunjuk sebagai menteri pariwisata sejak 1 Maret 2020 di bawah pemerintahan baru Luis Lacalle Pou. Namun ini merupakan kontroversi keduanya dalam pemerintahan, setelah pada pertengahan Juni lalu, Cardoso dipanggil oleh seorang polisi yang telah mendapatkan jeratan hukum terkait lima kasus kriminal. 

Meskipun begitu, menteri dari Partai Colorado itu menolak tudingan yang diberikan oleh Martin Perez Banchero. Sementara itu, usai mundurnya Cardoso dari jabatannya sebagai menteri pariwisata, maka akan digantikan oleh senator Tabaré Viera. 

3. Ada enam menteri yang mundur di masa pemerintahan Luis Lacalle Pou

Diduga Korupsi, Menteri Pariwisata Uruguay MundurPresiden Uruguay, Luis Lacalle Pou (tengah) saat menghadiri acara kenegaraan. (twitter.com/LuisLacallePou)

Semenjak dilantik sebagai Presiden Uruguay pada 1 Maret 2020 lalu, pemerintahan Luis Lacalle Pou tengah dilanda pengunduran diri massal dalam kabinetnya. Pasalnya enam dari 13 menteri dalam kabinet awalnya memutuskan untuk menyerahkan jabatannya dan diawali oleh Menlu Ernesto Talvi pada 1 Juli 2020 dan dilanjutkan Francisco Bustillo. 

Pada 1 Mei 2021, Lacalle Pou juga memecat Menteri Pembangunan Sosial, Pablo Bartol yang digantikan oleh Martin Lema. Tiga minggu kemudian, Jorge Larranaga yang meninggal secara mendadak digantikan oleh Luis Alberti Heber dan Jose Luis Falero menggantikan sebagai menteri transportasi. 

Terakhir pada 27 Juni lalu, Carlos Maria Uriarti dipecat dari jabatannya sebagai menteri pertanian, perikanan dan peternakan serta digantikan oleh Fernando Mattos, dilansir dari laman Mercopress

Baca Juga: Kasus COVID-19 Naik, Uruguay Lakukan Pembatasan Sosial

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya