Dubes Ukraina untuk Inggris Dipecat karena Kritik Presiden Zelenskyy

Protes pernyataan Zelenskyy kepada Wallace

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, pada Jumat (21/7/2023), memecat Duta Besar Ukraina di Inggris, Vadym Prystaiko, karena melontarkan kritik terkait kepemimpinan sang presiden. 

Zelenskyy sempat terlibat perseteruan dengan sejumlah pejabat publik di Ukraina di tengah perang Rusia-Ukraina. Sebelumnya, ia sempat bersitegang dengan Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko, bunker yang tidak layak pakai. 

1. Prystaiko tolak ujaran sarkasme Zelenskyy

Kritik pedas Prystaiko diucapkan ketika ia menghadiri wawancara Sky News yang digelar pada 13 Juli 2023. Ia menyebut bahwa ujaran sarkasme yang tidak sehat memang tidak diperlukan.

"Presiden Zelenskyy mengatakan bahwa setiap pagi kami akan bangun dan menyatakan kepada Ben Wallace untuk berterima kasih padanya. Saya pikir bentuk sarkasme seperti itu tidaklah sehat," tutur Prystaiko, dikutip Kyiv Post.

"Saya pikir kita tidak perlu menunjukkan kepada Rusia bahwa terjadi sesuatu di antara kami. Kami bekerja bersama-sama. Ben menghubungi saya dan mengatakan kepada saya apa yang dia inginkan," sambungnya. 

Baca Juga: Rusia Hujani Ukraina dengan 63 Rudal dan Drone

2. Ukraina dan Inggris terlibat ketegangan di KTT NATO

Tensi antara Ukraina dan Inggris terjadi pada KTT NATO di Lithuania pada awal Juli lalu. Menteri Luar Negeri Inggris Raya, Ben Wallace, menyatakan bahwa seharusnya Ukraina menunjukkan rasa syukur atas kontribusi Barat. 

"Suka atau tidak, rakyat ingin melihat syukur yang ditunjukkan kepada kontribusi militer Barat dalam perang di Ukraina. Saya berkata pada Ukraina Juni lalu bahwa saya bukan Amazon," ungkap Wallace, dilansir CNN.

Di sisi lain, Zelenskyy justru mengungkapkan pernyataan sarkasme atas komentar Wallace dalam KTT NATO. 

"Saya hanya tidak tahu apa yang dia maksud. Bagaimana kami harus berterima kasih? Baik, biarkan mereka tulis dan menyatakan kepadaku bagaimana saya harus berterima kasih agar kami dapat bersyukur. Kami juga dapat bangun setiap pagi dan berterima kasih kepada Wallace secara personal," terangnya. 

3. Prystaiko telah menduduki jabatan di Kemlu Ukraina

Vadym Prystaiko ditunjuk sebagai Duta Besar Ukraina di London sejak Juli 2020. Ia dikenal sudah menduduki sejumlah jabatan penting di Kementerian Luar Negeri Ukraina sejak 1994. Ia pernah menjabat sebagai Dubes Kanada dan Wakil Menlu Ukraina untuk NATO. 

Pada Mei 2019, Prystaiko ditunjuk sebagai Wakil Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina. Pada Agustus di tahun yang sama, ia dikembalikan ke Kementerian Luar Negeri, dilansir Ukrinform.

Pada 4 Maret 2020, Prystaiko ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri Ukraina untuk Integrasi Eropa dan Euro-Atlantik. 

Baca Juga: Rusia Tuduh Ukraina Gunakan Bom Cluster, Jurnalis Jadi Korban

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya