India Bangun Kamp Pintar Bagi Tentaranya di Dekat Perbatasan Tiongkok

Demi menghadapi musim dingin di Himalaya

New Delhi, IDN Times - Perselisihan antara India dan Tiongkok nampaknya masih belum ada resolusi antara kedua belah pihak. Apalagi sebagian tentara dari kedua belah pihak masih berjaga di perbatasan kedua negara di Ladakh Timur dan Aksai Chin.

Bahkan baru-baru ini India membangun kamp pintar khusus bagi tentaranya menghadapi musim dingin di Himalaya. Setelah India menerjunkan puluhan ribu pasukan pada bulan Juni lalu usai bentrokan antara kedua tentara. 

1. Cukup untuk menampung puluhan ribu tentara

Sejak hari Rabu (18/11) India sudah membangun fasilitas khusus bagi tentaranya yang ditugaskan di Ladakh Timur, tak jauh dari perbatasan Tiongkok. Kamp pintar baru yang menyerupai kota kecil tersebut dapat menampung sekitar 50 ribu tentara India dengan fasilitas yang lengkap dan memadahi. 

Ladakh merupakan wilayah yang terletak di Pegunungan Himalaya dan seringkali dilanda cuaca ekstrem. Tak jarang area tersebut diterjang badai salju dan suhu yang mencapai -40 derajat Celsius, sehingga saat musim dingin wilayah Ladakh bisa tertutup salju hingga 40 kaki, dikutip dari RT.

2. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas

India Bangun Kamp Pintar Bagi Tentaranya di Dekat Perbatasan TiongkokSuasana dalam shelter India di Himalaya. twitter.com/rohanduaTOI/

Selain kamp bagi tentaranya, India juga membangun tempat tinggal modern di area tersebut. Bahkan tempat tersebut sudah terintegrasi dengan listrik, air, pemanas ruangan, fasilitas kesehatan dan kebersihan untuk memberikan efisiensi operasi bagi tentara lain yang akan ditugaskan di area tersebut, dikutip dari The Times of India

Berdasarkan informasi yang didapat unit fasilitas tempat tinggal yang dibangun memiliki bentuk yang amat beragam. Mulai dari barak berukuran besar hingga fasilitas tempat tinggal berbentuk segi empat dan setengah lingkaran, dilansir dari RT

Baca Juga: Xi Jinping Tetapkan Tiongkok Sebagai Titik Poros Perdagangan Global

3. Masih belum adanya resolusi kedua negara

Melansir dari Financial Express, India dan Tiongkok sudah melakoni pertemuan kedelapan antara kedua komandan. Namun masih belum menemui solusi atas ketegangan yang sudah terjadi beberapa bulan terakhir. Dialog terakhir pada tanggal 6 November lalu yang mendiskusikan penarikan pasukan di beberapa titik. 

Meskipun begitu, kedua negara sudah mencegah terjadinya konflik yang lebih besar dengan penarikan pasukan di garis perbatasan yang dapat meningkatkan tensi. Selain itu berusaha menaati aturan demi menjaga perdamaian di garis demarkasi. 

Baca Juga: Hubungan Kian Buruk, Tiongkok Stop Impor Produk Kayu Australia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya