Terobosan! Jepang Akan Gunakan Pendeteksi Wajah saat Olimpiade 2020

Wah, baru pertama kali nih diterapkan di Olimpiade!

Jepang berencana untuk menggunakan alat pengenal wajah sebagai keamanan di stadion saat penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020, dua tahun mendatang. Penyelanggara Olimpade dan Paralimpik 2020 mengumumkan penggunaan teknologi ini pada hari Selasa (7/8/2018). Penggunaan teknologi ini untuk keamanan dari atlet, relawan dan kru, diperkirakan ada 300.000 atlet yang akan menggunakan teknologi ini setiap sebelum pertandingan dimulai. Mereka juga mengungkapkan kepercayaan diri mereka untuk menggunakan alat ini yang dipercaya akan berjalan dengan mulus dan efektif untuk penyelenggaraan event olahraga terbesar sedunia tersebut.

1. Event pertama yang menggunakan pengenal wajah

Terobosan! Jepang Akan Gunakan Pendeteksi Wajah saat Olimpiade 2020uk.reuters.com

Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi event pertama yang menggunakan teknologi face recognition atau pengenal wajah di setiap venue bagi para atlet, relawan dan official tim. Teknologi pengenal wajah ini juga diyakini dapat mempercepat proses identifikasi, sehingga tidak terjadi antrian di pintu masuk stadion.

Saat pengenalan teknologi ini pada hari Selasa (7/8/2018), penyelenggara menunjuk perusahaan NEC yang dipercaya untuk menyediakan fasilitas alat pengenal wajah ini di setiap venue Olimpiade 2020. Teknologi ini juga dapat mengenali kartu ID yang dipinjam atau bukan miliknya sendiri, sehingga sangatlah aman.

2. Menggunakan teknologi canggih masa kini

https://www.youtube.com/embed/Et0M9UctKUc

Alat face recognition yang digunakan dalam Olimpiade 2020 ini menggunakan teknologi canggih dari NEC yang dilengkapi dengan mesin AI, yang disebut dengan NeoFace. Selain itu perusahaan NEC ini juga memiliki Bio-IDiom yang merupakan teknologi untuk menangkal terjadinya pemalsuan data ataupun peminjaman ID card, sehingga dapat membaca setiap orang yang datang dan sesuai dengan yang ada dalam database tersebut.

Kerja dari alat ini adalah menghubungkan data foto dengan kartu IC yang dibawa oleh masing-masing orang. NEC juga mengatakan jika teknologi ini merupakan yang tercanggih saat ini dan sudah diuji oleh US National Institute Standart and Technology.

Baca Juga: Jepang Berencana Menggeser Jam Olimpiade 2020 Akibat Suhu Panas

3. Digunakan pada seluruh stadion penyelenggara Olimpiade 2020

Terobosan! Jepang Akan Gunakan Pendeteksi Wajah saat Olimpiade 2020japantimes.co.jp

Alat pengenal wajah ini akan digunakan pada seluruh stadion dan tempat penyelenggara Olimpiade 2020, di mana terdapat lebih dari 40 venue pada gelaran event tersebut, termasuk ruang broadcast dan Olympic village dll. Semuanya tersebar di Area Metropolitan Tokyo, namun terdapat beberapa venue yang menjadi satu kompleks seperti di Olympics Stadium atau New National Stadium di Tokyo. Namun untuk penyelanggara cabang olahraga sepakbola menggunakan beberapa stadion di luar Tokyo yang pernah menjadi stadion penyelenggara Piala Dunia 2002 yakni Sapporo Dome, Ajinomoto Stadium, International Stadium Yokohama, Miyagi, Saitama dan Kashima Soccer Stadium.

Baca Juga: Perusahaan di Tokyo Memperkenalkan Masjid Berjalan Buat Olimpiade 2020

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya