Jurnalis Kriminal di Zacatecas Tewas Ditembak, Kasus Ketujuh Meksiko!

Meksiko jadi negara paling berbahaya bagi jurnalis

Jakarta, IDN Times - Seorang jurnalis kriminal bernama Juan Carlos Muñiz tewas ditembak mati oleh orang tak dikenal pada Jumat (4/3/2022). Pembunuhan jurnalis yang bekerja di media online Testigo Minero itu diketahui sebagai kasus pembunuhan ketujuh pada awak media tahun ini, dilansir The Guardian

Pada akhir Februari lalu, seorang jurnalis asal Sonora bernama Jorge Camero (28) tewas ditembak oleh orang tak dikenal yang diduga merupakan anggota organisasi kriminal. Hal ini membuat Meksiko didapuk sebagai salah satu negara yang paling berbahaya bagi jurnalis. 

Baca Juga: Seorang Foto Jurnalis Ditembak Mati di Tijuana, Meksiko

1. Muñiz dibunuh ketika sedang mengantarkan dua penumpang

Pembunuhan Juan Carlos Muñiz ini diketahui terjadi di Kota Fresnillo, Zacatecas pada Jumat malam. Kala itu, jurnalis yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai pengemudi taksi itu tengah mengangkut dua orang penumpang. 

Dikutip Reuters, kronologi kejadian bermula ketika jurnalis berusia 36 tahun itu tengah mengantarkan dua orang tak dikenal, tapi ia justru ditembak dua kali tepat di bagian kepala. Hal itulah yang membuat ayah empat anak tersebut tewas seketika di dalam mobilnya. 

Berdasarkan keterangan dari rekannya bernama Alfredo Valadez mengatakan jika, Muñiz juga mengemudikan taksi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bersama keluarganya. Ia juga dikenal sebagai seorang jurnalis yang kerap meliput berita kriminal untuk media lokal Testigo Minero. 

Baca Juga: Seorang Jurnalis di Veracruz, Meksiko Tewas Ditembak

2. Dua terduga pelaku sudah berhasil diidentifikasi, tapi belum ditangkap

Mendengar kasus pembunuhan Muñiz, Gubernur Zacatecas, David Monreal juga ikut mengecam aksi tersebut lewat akun Twitter-nya. Bahkan, ia menyebut sudah meminta aparat kepolisian untuk menyelidiki kasus pembunuhan ini. 

"Saya sudah meminta polisi lokal untuk menginvestigasi dan menemukan pelaku yang harus bertanggung jawab dalam kasus ini secepat mungkin" tutur Monreal. 

Sementara itu, pihak asisten kepala SEDENA (Secretaría de la Defensa Nacional), Ricardo Mejía Berdeja mengatakan jika pihaknya berhasil mengidentifikasi dua terduga pelaku pembunuhan Muñiz yang diketahui merupakan penumpang taksinya. 

Kendati demikian, pihak SEDENA dan Kejaksaan Zacatecas masih belum menangkap para terduga pelaku yang diduga merupakan anggota organisasi kriminal, dikutip dari Daily Mail

3. Zacatecas telah menjadi medan pertempuran antar kartel narkoba

Jurnalis Kriminal di Zacatecas Tewas Ditembak, Kasus Ketujuh Meksiko!Jasad korban pembunuhan di Fresnillo, Zacatecas, Meksiko pada Sabtu (5/2/2022). (twitter.com/EuniceRendon)

Negara bagian Zacatecas dikenal sebagai salah satu wilayah dengan kasus kekerasan tertinggi di Meksiko. Pada Januari lalu, sudah ditemukan delapan jasad pria dan dua perempuan yang dimasukkan di dalam mobil SUV yang terparkir di depan gedung pemerintahan. 

Sementara Fresnillo yang merupakan kota kedua terbesar di Zacatecas juga tak luput dari ancaman kekerasan dan pembunuhan. Pada Februari lalu, ditemukan 10 mayat yang dibungkus dengan selimut dan dibuang ke tengah jalan begitu saja. 

Tingginya kasus pembunuhan di Zacatecas dilatarbelakangi oleh aktivitas kriminal penyelundupan narkoba yang dilakukan kartel narkoba. Selain itu, lokasi Zacatecas yang strategis membuat negara bagian ini menjadi lokai peperangan antara Kartel Sinaloa dan CJNG (Cártel de Jalisco Nueva Generación). 

Sedangkan jurnalis menjadi target empuk dari kartel narkoba di Meksiko untuk mengintimidasi dan memanipulasi aktivitasnya dan menuduhkan kepada rivalnya. Politisi lokal dan pejabat pemerintahan juga tak luput dari korban pembunuhan dan lebih dari 90 persen kasus pembunuhan tidak terpecahkan, dilansir dari Associated Press.

Sumber:

https://www.dailymail.co.uk/news/article-10579803/Mexican-crime-reporter-killed-Zacatecas-adding-chilling-journalist-death-toll.html

https://www.theguardian.com/world/2022/mar/04/seventh-journalist-killed-mexico

https://www.reuters.com/world/uk/mexican-crime-reporter-killed-zacatecas-adding-chilling-journalist-death-toll-2022-03-05/

https://apnews.com/article/mexico-crime-caribbean-journalists-d7a2fda9530904d2dacc45e421d5544a

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya