Kampanye, Calon Walikota di Meksiko Ditembak Mati

Ditembak sekelompok orang bersenjata

Kota Meksiko, IDN Times - Seorang kandidat walikota Moroleon, Meksiko tewas ditembak oleh seseorang tak dikenal saat melangsungkan kampanye. Kandidat bernama Alma Baragan yang berasal dari Partai Movimiento Ciudadano tersebut menjadi salah satu calon kepala daerah di Meksiko yang tewas tertembak. 

Padahal pemilihan umum daerah dan legislatif serentak di Meksiko tak lama lagi akan dilangsungkan pada minggu depan tepat tanggal 6 Juni 2021. 

1. Alma Baragan tewas ditembak ketika keluar dari kendaraan

Pada hari Selasa (25/05/2021) sore kandidat calon walikota Moroleon bernama Alma Rosa Barragán Santiago tewas ditembak di area pinggiran Moroleon. Bahkan calon walikota yang berasal dari Partai Movimiento Ciudadano tersebut langsung tewas di tempat sebelum sempat dilarikan ke rumah sakit. 

Padahal kala itu, Barragan berniat untuk menghadiri sebuah acara kampanye dengan mengundang warga kota yang berbatasan dengan Negara Bagian Michoacan tersebut. Menurut kepolisian, beberapa orang bersenjata telah mengikuti dan menembaknya sesaat setelah ia keluar dari kendaraan di Jalan Pedro Guzman. 

Serangan ini juga membuat dua orang mengalami luka-luka dan sudah dilarikan ke rumah sakit. Sementara menanggapi insiden berdarah ini, Gubernur Guanajuato, Diego Sinhue dan Wakil Gubernur Libia Denisse García Muñoz mengutuk aksi ini melalui akun sosial medianya, dikutip dari laman La Jornada. 

2. Sebelumnya sudah ada deputi yang ditembak di area yang sama

Baca Juga: Pembunuh Berantai Berusia 72 Tahun di Meksiko Ditangkap

Sebelum ditembaknya Alma Barragán dalam acara kampanye tersebut hanya berjarak 4 km dari insiden penembakan yang menimpa Juan Guzmán Ramírez, seorang deputi federal dari aliansi PRI-PRD. Bahkan kini, Guzman Ramirez harus selalu didampingi oleh polisi sembari memulihkan kondisinya pasca serangan. 

Dilansir dari La Vanguardia, menanggapi serangan yang menewaskan Alma Barragan, koordinator nasional Partai MC, Clemente Castañeda mengatakan jika, "Kami akan membuat permintaan pada otoritas untuk menginvestigasi dan menjamin keadilan atas serangan brutal ini. Kami juga menginginkan investigasi yang mendalam dan hukuman yang tepat bagi siapapun yang bertanggung jawab."

3. Kandidat kepala daerah ketiga yang ditembak di Guanajuato

Sebelum penembakan Alma Barragan, mantan Jaksa Agung Sonora Abel Murrieta Gutierrez dan kandidat walikota Cajeme dari partai MC juga dibunuh pada tanggal 13 Mei lalu dalam acara kampanye. Kejadian ini, membuat Barragan menjadi kandidat kepala daerah ketiga yang dibunuh dalam proses elektoral di Guanajuato, di mana menjadi negara bagian dengan tingkat pembunuhan tertinggi di Meksiko. 

Menurut Pemerintah Guanajuato mengatakan apabila terdapat delapan kandidat walikota yang terdiri dari enam laki-laki dan dua perempuan. Kesemuanya tengah mengajukan perlindungan tambahan lantaran merasa terancam, dilansir dari laman DW

Dilaporkan dari RT, sejak dimulainya proses elektoral pada September lalu, sudah lebih dari 80 politisi tewas dibunuh. Bahkan antara Februari dan April tahun ini, lebih dari 50 pejabat, anggota partai politik dan kandidat kepala daerah tewas dibunuh. Akibatnya, 60 kandidat walikota dilaporkan mengundurkan diri terkait kekerasan yang dituding dilakukan oleh geng kriminal dan kartel. 

Baca Juga: Kartel Narkoba Meksiko Serang Polisi Pakai Drone

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya