Comscore Tracker

Kebakaran Besar Terjadi di TN Alejandro de Humboldt, Kuba

Hanguskan ribuan hektare hutan

Havana, IDN Times - Kebakaran besar terjadi di Taman Nasional Alejandro de Humboldt yang terletak di bagian tenggara Kuba. Bahkan kebakaran hutan yang berlangsung lebih dari satu minggu ini diperkirakan sudah menghanguskan ribuan hektare hutan. 

Padahal Taman Nasional Alejandro de Humboldt merupakan salah satu hutan lindung penting di negara kepulauan tersebut dan sudah ditetapkan menjadi Cagar Budaya UNESCO sejak tahun 2001 lalu. 

1. Kebakaran hanguskan ribuan hektare hutan

Sejak lebih dari satu minggu yang lalu Taman Nasional Alejandro de Humboldt yang masuk Provinsi Guantanamo dan Holguín dilanda kebakaran hebat. Bahkan pemerintah setempat mengatakan jika kebakaran kali ini menyebabkan antara 1500-3000 hektare area hutan lindung hangus terbakar.

Otoritas setempat juga mengatakan apabila kebakaran berasal dari kota Cayo Probado dan Alto de Cruzata di Moa yang berlokasi di sebelah timur Provinsi Holguin. Sementara api sudah diketahui sejak hari Jumat (16/04/2021) dan membakar pohon bertipe jarum, seperti pinus dan cemara, dilansir dari Swiss Info

2. Api berhasil dikendalikan oleh otoritas setempat

Baca Juga: Kebakaran di Tepoztlán Hanguskan Ratusan Hektar Hutan

Mengutip dari ACN, dalam menjinakkan api sejumlah pasukan sudah diterjunkan termasuk Korps Penjaga Hutan dan Kementerian Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Lingkungan (CITMA), bahkan penduduk sekitar juga turut membantu memadamkan kobaran api. Semua pasukan yang diterjunkan menggunakan helikopter, alat berat dan truk pemadam kebakaran. 

Setelah berjuang selama 10 hari lamanya melawan kebakaran di Taman Nasional Alejandro de Humboldt akhirnya kobaran api berhasil dikendalikan. Meski begitu, otoritas setempat masih terus melakukan pengawasan pada titik-titik tertentu lantaran tingginya suhu, kekeringan dan kuatnya angin serta masih adanya akar dan pohon yang terbakar. 

3. Kebakaran sebabkan rusaknya ekosistem Taman Nasional

Kebakaran Besar Terjadi di TN Alejandro de Humboldt, KubaSuasana kebakaran di Taman Nasional Alejandro de Humboldt, Kuba. (twitter.com/terricolaruben)

Mengutip dari Prensa Latina, diketahui kebakaran hutan belum pernah terjadi sebelumnya sejak tahun 2017 lalu di Taman Nasional Alejandro de Humboldt. Namun kebakaran kali ini merusak ekosistem taman nasional tersebut karena banyak berdampak pada pohon bertipe jarum yang dihuni fauna endemik. 

Selain itu, area hutan lindung seluas 79.680 hektare tersebut memiliki tingkat keanekaragaman hayati tinggi bahkan diklasifikasikan sebagai yang tertinggi di Karibia dan salah satu tertinggi di dunia. Hutan tersebut juga menjadi rumah bagi burung endemik dan migrator yang sebagian di antaranya terancam punah. 

Baca Juga: Kebakaran Hutan Ashikaga, Jepang Ancam Permukiman Warga

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya