Ledakan di Meksiko Sebabkan Puluhan Warga Terluka

Diduga disebabkan bocornya pipa gas

Mexico City, IDN Times - Sebuah ledakan terjadi di kawasan pusat Mexico City pada Senin (16/8/2021) yang menyebabkan kerusakan gedung apartemen. Sementara insiden ledakan kali ini dipicu kebocoran pipa gas di dalam gedung apartemen dan telah mengakibatkan puluhan orang terluka. 

Terkait insiden ledakan di Mexico City ini, ratusan penduduk yang bermukim di sekitar gedung apartemen terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman untuk sementara. 

1. Ledakan terjadi di Kawasan Benito Juarez, Mexico City

Pada Senin (16/8/2021) sebuah gedung apartemen 207 di Jalan Coyoacan y Amores, Kawasan Benito Juarez, Mexico City mengalami ledakan hebat. Ledakan yang terjadi diduga akibat kebocoran pipa gas ini terjadi pada pukul 10.17 dan menyebabkan hancurnya kaca beserta runtuhnya tembok bagian depan fasad bangunan. 

Insiden ledakan juga mengakibatkan seorang warga tewas dan sebanyak 29 orang mengalami luka-luka. Menurut Wali Kota Claudia Sheinbaum mengatakan jika setelah kejadian, ada 11 orang terluka yang dilarikan ke rumah sakit usai kejadian dan mendapakan perawatan lebih lanjut, dilansir dari Associated Press.

Akibat kejadian ini sebanyak 15 apartemen mengalami kerusakan dan ledakan dapat terdengar hingga beberapa blok dari titik ledakan. Bahkan berdasarkan keterangan saksi mata mengatakan semua kaca dan jendela bangunan hancur akibat kerasnya suara ledakan, dikutip dari laman La Prensa Latina

2. Ratusan orang harus dievakuasi dari Kawasan Benito Juarez

Baca Juga: Meksiko Beri Status Pengungsi Bagi Mantan Menteri El Salvador

Dikutip dari Mexico News Daily, insiden ledakan menyebabkan apartemen yang dihuni 30 keluarga itu tidak lagi dapat ditinggali dan nantinya akan ditanggung oleh asuransi. Selain itu, terdapat 300 penduduk yang diharuskan mengungsi dan kini sudah diperbolehkan untuk kembali tempat tinggalnya masing-masing. 

Sementara tim penyelamat sudah masuk ke dalam gedung, tapi mereka tidak mengetahui jika struktur bangunan sudah hancur. Bahkan kerusakan bangunan terlihat hampir di seluruh bagian mulai dari lantai, langit-langit, dan tembok. Akibatnya terdapat seorang pria yang terjebak di dalam bangunan dan kini sudah diselamatkan serta diberi perawatan medis. 

Menanggapi kejadian ini, Wali Kota Mexico City, Claudia Sheinbaum dan Wali Kota Benito Juarez Santiago Toboada mengunjung langsung lokasi kejadian. Sementara Sheimbaum juga berkata bahwa gedung ini diasuransikan dan nantinya sebanyak 63 keluarga terdampak akan mendapatkan layanan psikologis. 

3. Penyewa diperbolehkan masuk ke reruntuhan apartemen

Sehari usai ledakan di Benito Juarez, para penyewa apartemen diperbolehkan kembali ke dalam bangunan untuk mengambil barang-barang mereka yang tersisa. Namun otoritas setempat hanya membatasi warga untuk masuk ke lokasi kejadian selama 15 menit lantaran dikhawatirkan dapat roboh. 

Dilaporkan dari Milenio, salah satu penyewa apartemen bernama Tania dan Jose Carlos merupakan pasangan yang sudah tinggai di apartemen itu selama dua tahun. Namun mereka mengeluhkan bahwa tetap sulit untuk dapat bangkit kembali usai mendapat musibah ini dan meski mendapatkan dukungan dari keluarga maupun temannya. 

Sementara itu, salah seorang penyewa lainnya, Ny. Nayeli juga datang bersama anaknya untuk mengambil berbagai barang miliknya yang masih tersisa. Sayangnya suaminya ikut menjadi korban luka-luka dan mendapatkan 100 jahitan di sekujur tubuhnya serta membutuhkan rekonstruksi wajah. 

Kantor Jaksa Agung Mexico City juga sudah mendirikan dua tenda bagi keluarga korban dan penyewa untuk melihat investigasi dan mengajukan komplain. Ini juga dilakukan untuk menghindari adanya pencurian dan penjarahan barang-barang milik warga dalam apartemen.

Baca Juga: Untuk Pertama Kali, Migran di AS-Meksiko Lebih dari 200 Ribu

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya