Comscore Tracker

Portugal Kembali Buka Fasilitas Umum Usai Lockdown

Mendapat sambutan baik bagi pengusaha restoran

Lisbon, IDN Times - Pemerintah Portugal mulai melonggarkan kebijakan lockdown pada Senin (05/04/2021) sejak diterapkan Januari lalu. Adanya pelonggaran pembatasan, maka beberapa lini bisnis yang sebelumnya tutup seperti restoran dan kafe terbuka diperbolehkan buka kembali.

Pasalnya pada awal tahun ini, Portugal tengah menghadapi krisis akibat lonjakan kasus COVID-19 tertinggi dan hampir membuat kolapsnya sistem kesehatan. 

1. Fasilitas umum di Portugal kembali dibuka

Pada Senin (05/04/2021) Pemerintah Portugal memperbolehkan berbagai fasilitas umum dan bisnis untuk kembali buka setelah lockdown selama dua bulan lamanya. Beberapa fasilitas yang diperbolehkan buka meliputi kafe, restoran berteras, museum, pasar non makanan, toko kecil, sekolah dan tempat gim. 

Meskipun diperbolehkan untuk buka, namun tempat tersebut diharuskan untuk membuka pintunya untuk mengurangi resiko penularan di dalam ruangan tertutup. Pembukaan ini menjadi kabar baik bagi para pengusaha yang selama lebih dari dua bulan tidak meraup pendapatan, dikutip dari Reuters

2. Universitas dan restoran tertutup belum boleh buka

Portugal Kembali Buka Fasilitas Umum Usai LockdownKafe outdoor yang kembali buka di Lisbon, Portugal. (twitter.com/maia35667196)

Meskipun beberapa fasilitas umum diperbolehkan buka, tapi bukan berarti pelonggaran ini sebagai bentuk kehidupan normal. Nantinya akan diberlakukan pembatasan empat orang pada setiap meja di restoran atau kafe terbuka, sedangkan museum akan menyesuaikan jadwal serta sekolah tidak diperbolehkan mengadakan grup kelas. 

Sedangkan fasilitas umum lain yang masih belum dibuka berupa universitas, SMA dan theater maupun bioskop. Namun fasilitas pendidikan dan hiburan tersebut sesuai rencananya akan kembali dibuka tanggal 19 April mendatang. 

Di samping itu, restoran dengan ruang tertutup masih tidak diperkenankan untuk buka hingga awal Mei tahun ini. Nantinya situasi kesehatan akan dinilai ulang setiap dua minggu sekali secara berkala dan akan memungkinkan diadakan pembatasan di tempat tertentu dengan kasus COVID-19 tinggi, dilansir dari G1

Baca Juga: Bantu Lawan Teroris, Portugal Kirim Tentara ke Mozambik

3. Portugal tetap membatasi perjalanan dari dan ke luar negeri

Portugal Kembali Buka Fasilitas Umum Usai LockdownPenjagaan ketat di perbatasan Spanyol-Portugal. (twitter.com/conlupanet)

Mengutip dari R7, meski sudah melakukan pelonggaran pembatasan dengan membuka sejumlah fasilitas umum secara bertahap. Namun Pemerintah Portugal memutuskan untuk tetap membatasi perjalanan dari dan menuju luar negeri demi menanggulangi lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi saat liburan akhir tahun. 

Maka penerbangan dari dan menuju ke Brasil dan Inggris akan tetap ditutup untuk sementara waktu untuk mencegah merebaknya varian baru COVID-19. Sementara itu, perbatasan Portugal-Spanyol akan dikontrol secara ketat dan hanya boleh dilewati bagi seseorang berkepentingan mendesak hingga pertengahan April. 

Baca Juga: Portugal Kini Bukan Cuma Cristiano Ronaldo

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya